konsul kesulitan membedakan arah kiri dan kanan - Diskusi Dokter

general_alomedika

pagi dok. izin konsultasi, sebenarnya ini keluhan yang saya alami sendiri. saya usia 24 tahun, dari kanak kanak hingga saat ini kesulitan dalam menentukan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • konsul kesulitan membedakan arah kiri dan kanan

    18 Oktober 2018, 10:04

    pagi dok. izin konsultasi, sebenarnya ini keluhan yang saya alami sendiri. saya usia 24 tahun, dari kanak kanak hingga saat ini kesulitan dalam menentukan arah kanan dan kiri dok. kesulitan terjadi jika

    1. orang lain mengatakan "kiri" atau "kanan" namun tubuh saya sulit menerjemahkannya dalam bentuk arah.

    2. saya ingin menunjukkan arah pada orang lain, tapi saya sulit menentukan apakah itu adalah arah kiri dan kanan.

    dari kecil hingga saat ini saya membedakannya dengan menggunakan landmark, yaitu melihat jempol tangan kiri atau kanan saya, karena berbeda jumlah garis guratannya. namun pada saat tindakan dengan menggunakan handschoen saya jadi kesulitan menggunakan tanda tersebut. bahkan terkadang saya menuliskan rontgent kaki kiri, namun ternyata yang seharusnya di rontgent adalah kaki kanan. saya juga memiliki sekitar 4 orang yang saya temukan memiliki keluhan yang mirip.

    apakah ada yang mengetahui tentang kelainan ini atau memiliki referensi yang bisa saya baca dok? terimakasih.

18 Oktober 2018, 10:33

Alo dokter!

Sejauh yang saya baca, saya belum menemukan sesuatu yang menyatakan bahwa hal tersebut adalah penyakit dok. Mungkin hal yang paling dekat adalah gangguan persepsi dok, misalnya pada dyspraxia.

Menurut artikel ini (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4732956/) yang saya tangkap kemampuan diskrimisani kanan-kiri adalah kemampuan bawaan (innate), jadi kelemahan pada aspek tersebut adalah innate vulnerability. cmiiw.

18 Oktober 2018, 10:34
dr. Andre
dr. Andre
Dokter Umum

Kelainan yang dokter sebut dikenal sebagai Left-Right Confusion. Dapat dibaca pada link berikut:

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5881360/

Salah satu metode yang bisa digunakan untuk membantu diagnosa kelainan ini adalah tes diskriminasi kiri-kanan Bergen.

 

18 Oktober 2018, 10:48
Selamat pagi dok, saya ijin bantu menjawab ya dok.

 

Menentukan arah kanan dan kiri bagi sebagian besar orang adalah hal alami atau kebiasaan yang didapat dengan sendirinya (second nature). Namun bagi sebagian orang memang ada kesulitan dok menentukan arah kanan atau kiri (right-left discrimination). Dari penelitian yang sudah pernah dilakukan pada 800 orang, 9% laki-laki dan 17% perempuan mengalami kesulitan menentukan arah kanan atau kiri. Tidak hanya itu, dari penelitian lain yang dilakukan pada 290 mahasiswa kedokteran, lebih dari 50% orang mendapat score dibawah 77 dalam right-left psychometric discrimination test sehingga memang ada kelompok orang yang mengalami hal yang serupa dok. Kesulitan ini terjadi karena adanya hambatan pada kompleks neuropsychologic proses yang bekerja untuk me-recall kemampuan fungsi yang lebih tinggi termasuk visuopasial, memori, bahasa, dan integrasi informasi sensori.

 

Namun ada hal–hal yang sudah dipelajari dan dapat dilakukan untuk memperbaiki kemampuan ini dok, sehingga bisa coba dilakukan untuk mengoptimalkan kemampuan menentukan arahnya. Untuk informasi lebih lanjut dan lebih lengkap bisa diakses pada web ini dok.

 

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4732956/

 

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan ya dok, semoga bisa membantu dok.