Kejang demam - Diskusi Dokter

general_alomedika

Malam dokter, saya ingin bertanya, sebelumnya anak datang ke ugd dengan informasi dari si ibu kejang namun sampai di ugd tidak kejang hanya demam dengan temp...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Kejang demam

    16 April 2021, 00:39

    Malam dokter, saya ingin bertanya, sebelumnya anak datang ke ugd dengan informasi dari si ibu kejang namun sampai di ugd tidak kejang hanya demam dengan temp 38,5 diberikan paracetamol sirup saja, dan selama di evaluasi di ugd tidak ada kejang yang muncul kembali dan temp anak sudah menurun dan dibolehkan pulang..

    Namun setelah pulang si anak beberapa jam kembali denga laporan si ibu kejang kembali namun tempt anak sudah menurun 37,8. Sekedar info kejang dialami kurang dari 5 menit.

    Yang saya tanyakan apakah boleh si anak diresepkan stesolid sirup untuk pencegahan kejang?? Yang dimana obat ini diberikan saat sedang kejang atau saat tidak kejang?? Karena si ibu khwatir si anak kejang kembali dan berhenti sampai di ugd, dan sebelumnya si anak pernah di resepkan dengan dokter anak obat antikejang sirup untuk dirumah.

    Terima kasih

16 April 2021, 07:31

Alo Dokter,

Diazepam dalam stesolid digunakan untuk menghentikan kejang berkepanjangan (> 5 menit), dan dapat diresepkan untuk penggunaan intermiten di rumah. Dosis 0,3 mg/kgBB/kali sebanyak 3 kali sehari selama 2 hari.

Pilihan obat-obatan lain untuk mencegah kejang rumatan dapat dilihat di artikel Alomedika:

https://www.alomedika.com/kejang-demam-pada-anak-bagaimana-cara-mencegahnya

16 April 2021, 16:01
Maksih dok 
16 April 2021, 08:38

Alo Dokter, 

Boleh dok, setahu saya pada kejang demam memang boleh diresepkan diazepam rectal tube (enema) beberapa tube dok. Pada usia di bawah 3 tahun atau bb nya dibawah 10 kg bisa diberikan 1 tube yang dapat diulang 3 kali dengan interval 5 menit. Bila memang kejang masih berulang anjurkan orang tua untuk membawa ke IGD, pastikan orang tua untuk melakukan beberapa hal saat anak kejang, yakni :

- melonggarkan pakaian anak

- tidak memberikan makanan atau minuman apapun saat anak kejang

- miringkan kepala anak

- ukur suhu anak dan bila memungkinkan rekam anak saat kejang (jika anak kejang tidak hanya saat demam, curigai kemungkinan adanya epilepsi).

Referensi: https://www.idai.or.id/professional-resources/pedoman-konsensus/konsensus-penatalaksanaan-kejang-demam

16 April 2021, 16:01
Mkasih dok..
16 April 2021, 15:52
dr.Theresia Santi SpA
dr.Theresia Santi SpA
Dokter Spesialis Anak

Alo Dokter.. Profilaksis kejang demam pada anak dengan diazepam oral maupun rectal telah direkomendasikan dalam konsensus kejang demam anak oleh IDAI. hal ini berdasarkan systematic review dari Cochrane tahun 2017. Dari review artikel yang melibatkan 40 penelitian, disimpulkan bahwa pemberian profilaksis diazepam terbukti menurunkan risiko berulangnya kejang demam pada anak sebanyak 64-74%, jika diberikan bersamaan antipiretik selama anak masih mengalami episode demam. Namun, angka efek samping pemberian diazepam yang dilakukan oleh orang tua di rumah juga bisa mencapai 30%, sehingga dibutuhkan edukasi yang baik dan penjelasan detil mengenai dosis dan cara pemakaian. Artikel lengkap dapat dibaca di link berikut

kejang demam.pdf
16 April 2021, 16:01
Maksih dok...