Kebutuhun konsul psikitari pada lansia - Kesehatan Jiwa Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dr. Soeklola,Pasien wanita 70 tahun, riwayat hipertensi, DM, CHF, dirawat di RS dengan keluhan utama tekanan darah turun 80/50 dan nadi 170x/m.. Pasien...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Kebutuhun konsul psikitari pada lansia - Kesehatan Jiwa Ask the Expert

    14 Januari 2021, 10:09

    Alo Dr. Soeklola,

    Pasien wanita 70 tahun, riwayat hipertensi, DM, CHF, dirawat di RS dengan keluhan utama tekanan darah turun 80/50 dan nadi 170x/m.. Pasien tampak delirium, tidak ada sesak maupun nyeri apapun. Sebagai anak yang mendengar curhatan hatinya, apakah layak saya minta untuk pasien dikonsulkan ke Psikiater, karena tensi naik turun tergantung mood nya. Sekarang pasien dibawah perawatan spesialis saraf, jantung, dan endokrin. Terimakasih

14 Januari 2021, 10:20
dr. Soeklola SpKJ MSi
dr. Soeklola SpKJ MSi
Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa

Alo dr. Hudiyati,

Tentu dalam kondisi demikian sebagai anak dapat bertindak juga sebagai wali dari pasien karena pasien dalam kondisi tidak mampu mengambil keputusan sendiri.

Jika  dapat dilakukan rawat bersama dengan psikiater maka akan lebih baik, jika melihat bahwa selain delirium, saat pasien "nampak sadar" tekanan darah pasien juga dipengaruhi oleh mood ya.

Selain itu mungkin kehadiran psikiater juga dapat membantu proses reorientasi pada pasien yang membantu pemulihan dari delirium lebih cepat, ataupun memberikan support pada pasien saat pasien tersadar.

Semoga membantu.

14 Januari 2021, 11:00

baik dokter.. harus minta kalau gini.. terimakasih dokter

15 Januari 2021, 10:20
dr. Soeklola SpKJ MSi
dr. Soeklola SpKJ MSi
Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa
Sama-sama dr. Hudiyati,  semoga Ibunda dapat segera diberikan pemulihan.