kebutuhan air putih pada bayi >6 bulan - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat siang dok, izin mau nanya. sebenarnya berapa kebutuhan air putih yg harus dikonsumsi pada bayi usia 6 bulan atau lebih , karena saya sering...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • kebutuhan air putih pada bayi >6 bulan

    16 Desember 2018, 13:32

    Selamat siang dok, izin mau nanya. sebenarnya berapa kebutuhan air putih yg harus dikonsumsi pada bayi usia 6 bulan atau lebih , karena saya sering mendapatkan kasus bayi dengan konstipasi padahal makanan yg diberikan sudah sesuai, baik kebutuhan sayuran atau buah buahan. Terutama di awal awal mpasi, apakah ada cara yg lain dok agar bayi mpasi tidak konstipasi? Mohon pencerahannya

    Terimakasih sebelumnya

16 Desember 2018, 13:58
dr.Ginawati
dr.Ginawati
Dokter Umum
Halo dokter Atika.. salam kenal..  😊
Wah, pertanyaannya menarik sekali ya. Ok, utk bayi MPASI umur 6-12 bln tentu saja kebutuhan air putih nya harus dibatasi, dalam artian ada penghitungan rumusnya. Yaitu jika bayi ASI maka kebutuhannya 30ml x berat badan bayi /2.
Utk bayi Non-ASI perhitungan rumusnya adl 30ml x berat badan bayi.

Untuk bayi non-asi, tidak dibagi 2 karena air putih dibutuhkan utk melarutkan kelebihan mineral yg ada di sufor melalui ginjal.

Klo utk sembelitnya, sebaiknya dilihat kembali faktor diit nya dok dan kesiapan pencernaan si bayi. Coba tekstur diitnya dan kandungan seratnya lebih diperhatikan. Karena utk ukuran bayi, dikatakan sembelit jika dalam 1 minggu, BAB nya kurang dari 3x. 

Demikian yg dapat saya sampaikan. Semoga membantu.. 😊
16 Desember 2018, 16:35
Okee makasih ya dok
16 Desember 2018, 16:35
Okee makasih ya dok
24 Desember 2018, 17:05
Terimakasih ilmunya dok 👍
26 Desember 2018, 21:31
Terima kasih sharing ilmu nya dok👍
17 Desember 2018, 09:22
Hai dr. Atika,
Sekedar menambahkan, pemberian serat yg terlalu banyak pada bayi justru berpotensi menyebabkan konstipasi. Sehingga pada awalnya hendaknya diberikan sebatas "mengenal" saja dan boleh ditingkatkan perlahan.

Dikutip dari WHO: "Increasing the intake of dietary fibers increases stool bulk, causes flatulence, and decreases appetite"
Dikatakan pula pemberian serat yg terlalu banyak dapat menimbulkan early satiation.

Namun sayangnya, memang blm banyak research yg dilakukan untuk membahas intake fiber pada kelompok umur ini. 

Sumber:
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5065977/#!po=47.8947">Complementary Feeding: Review of Recommendations, Feeding Practices, and Adequacy of Homemade Complementary Food Preparations in Developing Countries – Lessons from Ethiopia

Constipation in infants: Influence of type of feeding and dietary fiber intake

Semoga bermanfaat ya dok😊