Keamanan Rontgen toraks pada pasien kanker stadium lanjut - Paru Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO, dr. Harsini, Sp.P(K)..Izin bertanya, Dok. Pada pasien kanker stadium akhir, misalnya kanker paru primer atau kanker paru sekunder (misalnya karena...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Keamanan Rontgen toraks pada pasien kanker stadium lanjut - Paru Ask the Expert

    19 Agustus 2021, 10:55

    ALO, dr. Harsini, Sp.P(K)..

    Izin bertanya, Dok. Pada pasien kanker stadium akhir, misalnya kanker paru primer atau kanker paru sekunder (misalnya karena metastasis dari kanker payudara), sering kali terjadi sesak yang diakibatkan efusi pleura. Di IGD, modalitas yang dipakai untuk penegakan efusi pleura ini adalah Rontgen toraks, yang sering juga dipakai untuk menjadi penanda kebutuhan pungsi pleura. Mengingat siklus efusi pleura - pungsi ini berulang dan lumayan sering terjadi pada kanker paru primer ataupun sekunder (metastasis), apakah radiasi Rontgen toraks ini dapat meningkatkan progresivitas kanker, Dok? 

    Apakah ada modalitas lain, seperti USG toraks, yang dapat digunakan untuk menegakkan efusi pleura pada pasien kanker? Mengingat untuk pungsi juga sering kali menggunakan USG sebagai guidance, mungkin bisa bermanfaat untuk diagnosis juga. Mohon pencerahannya, Dokter..

19 Agustus 2021, 11:01
DR.dr.Harsini, SpP(K), FISR
DR.dr.Harsini, SpP(K), FISR
Dokter Spesialis Paru

untuk efusi pleura dengan foto toraks akan terlihat perselubungan dan jantung terdorong ke arah yang sehat.

untuk efusi pleura ganas sebaiknya dilakukan WSD untuk evakuasi cairannya sampai bersih dilanjutkan dilakukan pleurodesis dengan tujuan supaya efusi tidak berulang mengingat efusi pleura karena carsinoma baik primer atau sekunder akan berulang

untuk penegakkan diagnosis efusi pleura disamping foto toraks bisa dengan USG yang keuntungan dr USG adalah tidak terkena radiasi.