Kaitan Penyakit Kulit Tertentu dengan Kejiwaan - Kesehatan Jiwa Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Soeklola, Sp. KJ, izin bertanya, apakah kasus eksim berkaitan erat dengan kejiwaan seseorang? Karena pasien Saya mengeluhkan eksim lebih sering...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Kaitan Penyakit Kulit Tertentu dengan Kejiwaan - Kesehatan Jiwa Ask the Expert

    14 Januari 2021, 09:51

    Alo dr. Soeklola, Sp. KJ, izin bertanya, apakah kasus eksim berkaitan erat dengan kejiwaan seseorang? Karena pasien Saya mengeluhkan eksim lebih sering muncul saat pasien merasakan kecemasan yang berlebihan. Apakah bisa saja pasien ini mengalami gangguan kecemasan dan kelainan kulit hanya salah satu efek dari gangguan tersebut?

    Terimakasih dokter ūüôŹ

14 Januari 2021, 10:06
dr. Soeklola SpKJ MSi
dr. Soeklola SpKJ MSi
Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa

Alo dr. Nurul,

Benar beberapa kondisi fisik ataupun gangguan fisik sangat dipengaruhi oleh kondisi kejiwaan seseorang. Pada kasus atopi memang benar dilaporkan terjadi peningkatan reaksi alergi saat seseorang mengalami stres, gangguan mood dan gangguan kecemasan. Perlu diingat bahwa saat seseorang dalam kondisi stres, gangguan mood, dan gangguan kecemasan ataupun gangguan jiwa kronis lainnya akan terjadi lonjakan reaksi inflamasi di tubuh. Reaksi inflamasi inilah yang akan merangsang terjadinya ikatan dengan respons imun tertentu maupun cetusan reaksi alergi yang telah dimiliki sebelumnya.

Termasuk fakta sebaliknya saat melakukan tindakan untuk menurunkan tingkat stres seperti rileksasi, kegiatan yang menyenangkan, hobi dan lainnya ternyata juga akan menurunkan respons inflamasi yang dialami seseorang. sehingga salah satu anjuran bagi pasien yang memiliki atopik adalah melakukan tatalaksana kelola stres.

 

Jadi untuk pasien dengan kondisi demikian memang perlu mendapat penanganan keduanya baik untuk reaksi eksimnya maupun untuk gangguan cemas yang dialami.

 

Semoga membantu. 

14 Januari 2021, 10:11
Baik dokter, terimakasih atas informasinya ya Dokter ☺🙏
14 Januari 2021, 10:20
dr. Soeklola SpKJ MSi
dr. Soeklola SpKJ MSi
Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa
14 Januari 2021, 10:11
Baik dokter, terimakasih atas informasinya ya Dokter ☺🙏

sama-sama dr. Nurul, semoga membantu