Pada pemilihan susu formula, apakah ada pertimbangan khusus untuk bayi pasca pembuatan stoma - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo Dokter, izin bertanya dan metode pemilihan sufor yang aman untuk bayi yang baru menjalani operasi pembuatan stoma pasca terjadinya robekan di usus (Ibu...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pada pemilihan susu formula, apakah ada pertimbangan khusus untuk bayi pasca pembuatan stoma

    18 Mei 2020, 11:13

    Alo Dokter, izin bertanya dan metode pemilihan sufor yang aman untuk bayi yang baru menjalani operasi pembuatan stoma pasca terjadinya robekan di usus (Ibu pasien hanya menyebut bocor usus saja, tidak paham diagnosa anaknya apa). Apa ada pertimbangan khusus dalam memilih susu formula?


    Saat ini produksi ASI ibunya sangat sedikit, namun tetap mengusahakan memberikan ASI.


    Terimakasih sebelumnya.

18 Mei 2020, 17:19
19 Mei 2020, 05:44
Asi adalah makanan dan obat terbaik bagi bayi sampai usia 2 tahun. Apabila asi ibu tidak mencukupi islam mengajarkan mencari ibu susuan atau donor asi.
Sufor sama dengan obat kimia ada indikasi tertentu untuk mengkonsumsinya, efek sampingnya pun ada. Sepengalaman saya sufor tiap anak berbeda, tergantung toleransi masing-masing anak.
Prinsipnya halalan-thoyyiban. Thoyyib disini berarti baik untuk orang itu, disesuikan kondisi dan situasi dan status kesehatan pasien. Wallahualam Bisshowab
19 Mei 2020, 06:19
dr.Ariawan, SpA
dr.Ariawan, SpA
Dokter Spesialis Anak
Alodokter
Mencoba bantu menjawab dok, pembuatan aroma disini apakah disertai dengan reseksi usus? Bila iya, apabila pemberian ASI tidak memungkinkan, untuk pemberian susu formula dipertimbangkan pemberian susu formula ekstensif hidrolisat yang lebih mudah diserap oleh pencernaan bayi. Hati hati apabila terjadi high output aroma yang berpotensi menimbulkan dehidrasi pada bayi.