jarum patah dalam gigi saat perawatan saluran akar - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter. Salah sehat untuk semuanyamau bertanya.. apa jadinya jika dokter membiarkan jarum yang patah di dalam saluran akar gigi kita saat perawatan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • jarum patah dalam gigi saat perawatan saluran akar

    17 Agustus 2022, 08:38
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Gigi

    Alo dokter. Salah sehat untuk semuanya

    mau bertanya.. apa jadinya jika dokter membiarkan jarum yang patah di dalam saluran akar gigi kita saat perawatan saluran akar? mengingat jarum tersebut memang biokompatibel bagi gigi kita, apakah tetap berbahaya? apa saja komplikasi yang dapat ditimbulkan? atau adakah dokter di sini yang memiliki pengalaman jarum patah saat melakukan perawatan saluran akar? bagaimana prognosis pasiennya? Terima kasih 

18 Agustus 2022, 18:03

Hi Dok, ijin mengutip pengalaman dari sejawat dokter gigi ya Dok:

"Jarum patah itu umum terjadinya dan sebetulnya selama jarum yang patah itu steril dan saluran akar yg sedang di rawat juga steril tidak akan ada komplikasi.. karena banyak kasus seperti ini dan beberapa text book juga menganggap jarum endo itu biokompatibel.

Yang perlu diperhatikan adalah apakah jarum yang patah atau saluran akar itu sudah steril? Karena hal ini yang dapat menyebabkan komplikasi; disaat masih belum steril dan kemudian patah, lalu tidak dibersihkan dapat menjadi infeksi.

Dan dilemanya tidak ada yang dapat memastikan bahwa jarum steril atau tidak sebab mikroskopis. Sehingga kalau jarum patah beberapa kali terjadi maka sebisa mungkin dikeluarkan..prognosis selama tidak ada infeksi di awal perawatan bagus.."

Demikian Dok dari rekan sejawat, semoga membantu.