Indikasi melepas selang NGT - Gizi Klinik Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Noor Diah, M.Gizi, Sp.GK, AIFO-K, izin bertanya dokter.Bagaimana indikasi melepas selang NGT? Apa saja yang perlu dievaluasi...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Indikasi melepas selang NGT - Gizi Klinik Ask The Expert

    10 November 2021, 10:18

    Alo dr. Noor Diah, M.Gizi, Sp.GK, AIFO-K, izin bertanya dokter.

    Bagaimana indikasi melepas selang NGT? Apa saja yang perlu dievaluasi sebelum memutuskan menghentikan pemberian nutrisi enteral dan melanjutkan nutrisi per oral?

    Terimakasih sebelumnya dokter 🙏

10 November 2021, 11:05

Selamat pagi dokter

Indikasi selang NGT dilepas biasanya adalah karena pasien telah perbaikan fungsi menelan, fungsi saluran cerna dan dinilai mampu menghabiskan makan peroral sekitar mencapai 80% dari kebutuhan harian. 

Beberapa hal yang perlu dievaluasi pada rencana penghentian selang NGT adalah kemampuan fungsi menelan pasien yang dapat dilakukan dengan water swallowing tess, GUSS, atau metode identifikasi disfagia lainnya. Evaluasi biasanya dilakukan setiap satu minggu atau bila perkembangan pasien baik dapat dilakukan setiap 3 hari. Fungsi saluran cerna juga perlu dinilai terkait dengan adanya residu NGT, perdarahan, luka operasi intraabdomen, adanya tumor intraabdomen dan riwayat muntah serta diare/BAB cair. 

Bila pasien menunjukkan perbaikan selang NGT dapat dilepas kemudian konsistensi makanan dinaikkan bertahap sesuai toleransi pasien mulai dari kombinasi makanan lunak dan cair kemudian dinaikkan konsistensi dan total kalori setiap 2-3 hari.

10 November 2021, 11:09
Baik dokter  terimakasih  banyak  atas jawabannya  dok  😊🙏