Indikasi ektraksi kuku pada paronikia - Diskusi Dokter

general_alomedika

Assalamualaikum dokApa indikasi dilakukannya ekstraksi kuku pada pasien dengan paronikia dan jika lesinya madidans, tatalaksana medika maupun non...

Diskusi Dokter

26 Desember 2020, 07:34
Alo, dok. Saya mencoba menjawab.Indikasi ekstraksi kuku dapat terbagi menjadi dua, yaitu indikasi diagnostik dan indikasi terapeutik.

Ekstraksi kuku, atau yang dikenal juga dengan sebutan avulsi kuku, merupakan prosedur bedah yang cukup sering ditemukan dalam pelayanan kesehatan. Indikasi ekstraksi kuku dapat berupa indikasi diagnostik dan indikasi terapeutik.

Beberapa kontraindikasi relatif dalam prosedur ekstraksi kuku adalah adanya kondisi-kondisi berikut, yaitu:
1. Penyakit vaskular perifer
2. Penyakit kolagen vaskular
3. Gangguan hemostasis
4. Diabetes mellitus
5. Pasien dengan inflamasi atau infeksi akut pada daerah paronikia. Sebaiknya, prosedur ekstraksi kuku ditunda sampai keadaan akutnya teratasi .
Untuk lebih jelas bisa dibaca di https://www.alomedika.com/tindakan-medis/bedah-minor/ekstraksi-kuku/indikasi#:~:text=Indikasi tata laksana ekstraksi kuku,dilakukan prosedur ekstraksi kuku parsial.Untuk prosedur ekstraksi kuku, insisi dan drainase pada kuku bila terjadi infeksi atau abses bisa dibaca di https://emedicine.medscape.com/article/1106062-treatment#d11

26 Desember 2020, 07:48
Baik
Terima kasih dok