Ketentuan puasa untuk ibu hamil - Diskusi Dokter

general_alomedika

Izin menanyakan dok, beberapa kali mendapatkan pertanyaan terkait apakah boleh ibu hamil dan ibu menyusui puasa, kira2 bagaimana pendapat dari TS sekalian?

Diskusi Dokter

24 April 2020, 11:41
Menurut saya dok, itu tergantung dari ibu hamilnya lagi, apakah mampu dan sanggup utk berpuasa dan tidak membahayakan diri dan janinnya.

Ditempat saya bekerja, dokter Sp.OG menyarankan utk tdk berpuasa dulu pada ibu hamil trimester pertama dikarenakan di trimester pertama ini organ tubuh janin masih mengalami pembentukan secara signifikan sehingga membutuhkan asupan nutrisi yang banyak dan dikhawatirkan anak yg lahir akan mengalami BBLR.
Utk trimester kedua dan ketiga tetap lanjut puasa dgn syarat mampu untuk memenuhi kebutuhan gizi selama hamil dan tidak ada masalah kesehatan selama ibu berpuasa. 

Terimakasih 🙏
24 April 2020, 12:37

Alo Dok, 

Selama tidak ada keluhan boleh dok, baik dari sisi medis dan agama, yang penting ibu sehat dan janin sehat. Memang dari penelitian, puasa dapat memicu morning sickness dan menganggu perkembangan janin pada masa organogenesis jika dilakukan pada trimester awal. Namun, bisa diakali dengan memperhatikan asupan nutrisi pada saat sahur dan berbuka, jika perlu dengan tambahan suplemen vitamin dok. Berikut jurnalnya : http://journaljammr.com/index.php/JAMMR/article/view/13867

https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/j.1442-200X.2006.02204.x

24 April 2020, 12:43
Alo Dokter. Izin merespon diskusi dari dokter. Sebaiknya ibu hamil (bumil) dan ibu menyusui (busui) tidak melakukan puasa. Namun hal ini tergantung kepada personal bumil dan busui tersebut, seperti kondisi kesehatan dan kehamilan saat ini, riwayat penyakit bawaaan dan penyakit metabolik yang menyertai, adakah proses inflamasi atau infeksi yang sedang berlangsung, status gizi, dan pola makan. Pada bumil trimester 1 memang tidak dianjurkan untuk menjalankan puasa karena dikhawatirkan terjadi kekurangan jumlah nutrisi untuk janin dikarenakan pola makan yang berubah menjadi 2x/hari, asupan porsi makanan dengan tinggi karbohidrat, protein yang kurang, dan asupan mineral dan kebutuhan air yang tidak mencukupi. Kebutuhan nutrisi yang kurang pada masa perkembangan janin dapat menyebabkan fetal growth restriction yang dapat menyebabkan BBLR dan later chronic disease pada bayi tersebut. Sementara untuk busui berpuasa tanpa memperhatikan asupan nutrisi dapat mempengaruhi kadar elektrolit, protein dan karbohidrat pada kandungan ASI. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk menjaga asupan nutrisi bagi bumil dan busui selama masa puasa ini. Berikut saya sertakan beberapa jurnal yang menjadi refrensi dari jawaban saya. Semoga membantu dokter 🙏

Ramadan during pregnancy and birth weight of newborns 

How Does The Fasting of Ramadan Affect Breast Milk Constituents?

Hukum Puasa bagi Perempuan Hamil atau Menyusui di Bulan Ramadan
24 April 2020, 12:59
dr. Rano Aditomo, Sp.THT-KL
dr. Rano Aditomo, Sp.THT-KL
Dokter Spesialis THT
Boleh dok... Ini ada link youtube penjelasan tmn saya...Ibu hamil boleh puasa?