Hubungan varises dengan plantar fasciitis - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodokter!Selamat siang dok, ijin share kasus, saya menemukan 2 kasus wanita usia 50 dan 59 thn dengan keluhan nyeri di telapak kaki yang sudah dirasakan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Hubungan varises dengan plantar fasciitis

    15 Juni 2019, 11:52

    Alodokter!

    Selamat siang dok, ijin share kasus, saya menemukan 2 kasus wanita usia 50 dan 59 thn dengan keluhan nyeri di telapak kaki yang sudah dirasakan lebih dari 6 bulan. Nyeri terutama dirasakan baru bangun tidur ketika menginjakkan kaki pertama kali, dan dirasakan mereda saat beraktifitas aktif, namun bila kaki didiamkan, saat menginjakkan kaki akan muncul nyeri kembali. Tidak ada keluhan kesemutan atau kelemahan tungkai. Pekerjaan mereka kebanyakan dilakukan dalam posisi duduk. Pada wanita usia 59 tahun juga ada riwayat hipertensi dengan amlodipin 5 mg rutin. 

    Dari pemeriksaan fisis keduanya memiliki varises pada kedua tungkai kanan dan kiri sejak lebih dari 1 tahun. CRT masih kurang dari 2 detik.

    Yang ingin saya tanyakan:

    1. Apakah memang ada korelasi antara varises dan plantar fasciitis yang diderita oleh kedua pasien ini? 

    2. Apa tindak lanjut yang dapat dikerjakan untuk mendapatkan diagnosis yang tepat pada kasus ini?

    3. Apa modalitas terapi yang dapat diberikan kepasa pasien selain obat simptomatik? 

    Mohon sharingnya dokter, terimakasih 🙏

15 Juni 2019, 17:20
Alo dokter

1. Ada korelasi dok, penelitian nya dapat di buka disini dok
hubungan karakteristik ankle dan CVI

2. Tindak lanjutnya : dilakukan tatalaksana CVI sesuai gradingnya dok
CVI : Chronic Venous Insufficiency (istilah awamnya varises)
Grading 1-6.

3. Terapi yang diberikan disesuaikan dengan grading CVI dok, untuk "sementara" dapat diberikan Compression Stocking dengan class (CCL 1,2,3) yang disesuaikan grading CVI nya.

Salam.

tatalaksana grading CVI



website Varises Indonesia.
supp_1011_5.pdf
15 Juni 2019, 20:19
Terimakasih sharingnya dokter, setelah membaca jurnalnya, disana disimpulkan gerakan dorsoflexi meningkatkan profresivitas varises. Berarti bukan adanya varises yang menyebabkan terjadinya plantar fasciitis ini ya dokter? Karena pada kasus saya, varises terjadi lebih dulu dibanding pf. Mohon feedbacknya dokter 🙏
15 Juni 2019, 23:15
Alo dokter,

Terlepas dari jurnal tersebut (flat foot dan cvi), untuk prolog, di era saat ini, sering kita temui beberapa pekerjaan yang mengharuskan untuk seseorang statis : duduk lama, berdiri lama, seperti petugas kasir, penjaga toko, petugas polisi, dll
Suatu kondisi dimana terjadi static position - duduk/berdiri di satu tempat tanpa ada gerakan otot betis (musculus gastrocnemius) akan menyebabkan problem pada kesehatan tungkai.

Plantar fascitis (problem soft tissue) sering terjadi antara lain disebabkan seseorang dengan flat foot yang berdiri lama, imbalance otot plantar pedis (berdiri tidak menggunakan plantar pedis dengan benar), overuse, calcaneal spur,sering menggunakan high heels, dsb.
Penemuannya dengan adanya nyeri tekan pada penekanan arcus medial plantar pedis.

CVI : chronic venous insufficiency, (problem pembuluh darah) problem aliran darah balik (vena) yang gagal untuk berfungsi mengembalikan aliran darah kembali ke jantung, melawan gravitasi, naik keatas, stasis, sehingga terkumpul di bagian bawah (pedis). 
Penyebabnya karena pintu katub vena yang insufficien - melebar (tidak mampu menopang darah untuk kembali ke jantung menuju ke atas tapi kembali ke bawah , terjadi turbulensi dan darah mengumpul di tungkai bawah terutama sekitar mata kaki, membentuk oedema dan juga mengganggu kestabilan pedis). 
Penemuan cvi pada pemeriksaan fisik ditemukan oedem tungkai, pegal, nyeri dan dengan pemeriksaan penunjang ditemukan refluks katub vena yang tampak pada usg doppler.

Sepertinya ketidakstabilan pedis karena oedem CVI ini dapat menyebabkan plantar fascitis.
Menurut saya, CVI dapat mempengaruhi Plantar Fascitis, tetapi tidak bisa dipastikan.
CMIIW. Mungkin dari sejawat ada yang akan menambahkan.
Salam.