Home-Based Rehabilitation Program - Rehabilitasi Medik Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO Dr. dr. Vitriana Biben, SpKFR(K) Ijin bertanya dok. Semenjak adanya pandemi COVID 19, saya pernah membaca mengenai home-based rehabilitation program pada...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Home-Based Rehabilitation Program - Rehabilitasi Medik Ask the Expert

    29 Juni 2022, 10:13
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    ALO Dr. dr. Vitriana Biben, SpKFR(K)

     

    Ijin bertanya dok. Semenjak adanya pandemi COVID 19, saya pernah membaca mengenai home-based rehabilitation program pada pasien post infeksi SARS-CoV-2 mild to moderate. Bagaimana implementasi ini dalam klinis sehari-hari dok? Apakah dari faskes primer bisa menyarankan ini untuk pasien? Dan apabila bisa, bagaimana saran yang dapat diberikan agar dari faskes primer dapat mengedeukasi pasien dengan baik?

     

    Terimakasih dokter

     

29 Juni 2022, 10:24
Dr. dr. Vitriana Biben, Sp.KFR(K)
Dr. dr. Vitriana Biben, Sp.KFR(K)
Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi

Untuk home based rehabilitation program dapat post COVID mild dan moderate tentu saja dapat diberikan oleh faskes primer. Biasanya berupa latihan aerobik dan latihan pernafasan sederhana bila kondisi umum stabil. Jadi untuk faskes primer pastikan kondisi pasien post covid stabil, edukasikan untuk melakukan aktivitas fisik sesuai dengan kondisi terakhir. Saya lampirkan buku saduran cara merawat pasien post COVID yang mungkin dapat membantu.

https://drive.google.com/drive/mobile/folders/1sMV4KqZdSHtBCX6USlN9t8AJcq0FB2Du?usp=sharing

Semoga membantu