Gusi disertai darah membeku biru - Periodonsia Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat pagi menjelang siang dokter ini ada sedikit keluhan pasien dengan kondisi gusi kelihatan seperti ada darah beku di dalam gusi, mulai bengkak tapi...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Gusi disertai darah membeku biru - Periodonsia Ask The Expert

    26 April 2022, 10:07

    Selamat pagi menjelang siang dokter ini ada sedikit keluhan pasien dengan kondisi gusi kelihatan seperti ada darah beku di dalam gusi, mulai bengkak tapi tidak sakit. Posisi pada interdental gingiva bagian labial gigi 42-43 dengan gigi sedikit crowded. Baru sadar sekitar 6 jam lalu

    , kalau misal ditekan menggunakan tisue mengeluarkan darah tapi karena beku jadi merasakan ada darah atau luka di mulut, kira kira apa ya dok kasus ini? 

26 April 2022, 10:22

Selamat pagi dokter, terima kasih telah bertanya kasusnya.

 

Pada gigi yang crowded biasanya pembersihan plak tidak dapat dilakukan secara maksimal oleh pasien, apa saya boleh tau sebelumnya apakah pasien menggunakan benang gigi terlalu keras atau mengkorek-korek gusi area tersebut dengan tusuk gigi? Kondisi tersebut biasanya disebabkan adanya trauma mekanis dok, atau terdapat karang gigi dibawah gusi yang sudah lama tidak dibersihkan, sehingga menyebabkan poket periodontal yang harus dirawat. Pemberian dental gel atau obat kumur untuk mengatasi hal tersebut juga boleh dilakukan dok.

Demikian dok, semoga membantu..

26 April 2022, 10:24
Untuk obatnya apa ya dok? Kalau gusi membiru akibat darah beku itu gmn baiknya?
26 April 2022, 11:40
Untuk obatnya apa ya dok? Kalau gusi membiru akibat darah beku itu gmn baiknya?

obat kumur atau gel yang dapat diberikan yang mengandung chlorhexidine digluconate, ataupun gel seperti merek oxy dan aloclair. Jika tidak membaik, akan lebih baik jika diperiksa oleh kami dok untuk penanganan selanjutnya, karena harus diperiksa dulu untuk tahu apakah ada faktor iritan disana, ataukah memang karena faktor mekanis saja. jika karena faktor mekanis (tusuk gigi) jika hal tersebut dihentikan niscaya gusi akan kembali sehat.

 

Demikian dok, semoga pasien lekas sembuh.