Gatal area groin yang dirasakan kadang-kadang - Kulit Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat pagi dr. Sondang SpKK..Keluhan gatal pada selangkang paha, yang kadang2 dirasakan oleh pasien apakah selalu disebabkan tinea? Kapan diberikan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Gatal area groin yang dirasakan kadang-kadang - Kulit Ask The Expert

    14 Desember 2021, 10:42
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Selamat pagi dr. Sondang SpKK..

    Keluhan gatal pada selangkang paha, yang kadang2 dirasakan oleh pasien apakah selalu disebabkan tinea? Kapan diberikan antialergi, antiinflamasi, atau antijamur?

14 Desember 2021, 10:53

Gatal area selangkangan dapat disebabkan oleh bermacam2 sebab, misalnya: dermatitis kontak, dermatitis seboroik (biasanya pada scrotum/labia mayor), dermatitis intertriginosa, intertrigo, kandidosis intertriginosa, tinea kruris, eritrasma, dan lain2.

Membedakan masing2 penyakit tersebut berdasarkan anamnesis dan pemeriksaan fisik. 1.Tinea selalu memiliki lesi dengan tepi aktif (meninggi dan lebih eritem di tepi). Terapinya terbinafin atau ketokonazol topikal.

2. Kandidosis, biasanya ada lesi satelit dan lesi cenderung basah/lembab. Terapinya ketokonazol topikal dan eksplorasi kondisi imunokompremais, seperti diabetes dan lain2.

3. Dermatitis kontak, harus anamnesis bahan kontaktannya apa. Terapinya tentu menghilangkan bahan kontaktan. Dermatitis ditatalaksana sesuai kondisi dermatitis akut / subakit / kronik. Biasanya dengan kortikosteroid potensi lemah-sedang. Intertrigo, dermatitis seboroik dan dermatitis lainnya, terapinya sama, hanya perlu diingatkan kpd pasien agar menghindari suasana lembab, pakaian yang menyerap keringat, dan bila basah harus diganti. Jaga higiene.

4. Eritrasma didiagnosis berdasarkan pemeriksaan lampu wood, terapinya antibiotik topikal

Jadi harus tentukan dahulu diagnosisnya secara klinis, bila perlu lakukan pemeriksaan penunjang lampu wood dan kerokan kulit. Baru tatalaksana dapat diberikan terarah.