Pasien anak perempuan usia 11 tahun dengan keluhan terdapat garis kemerahan pada kulit paha - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodokter, ijin bertanya. Pasien anak perempuan 11tahun dengan lesi garis garis kemerahan agak timbul di kulit paha. Keluhan sudah sejak 1 tahun terakhir,...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien anak perempuan usia 11 tahun dengan keluhan terdapat garis kemerahan pada kulit paha

    12 November 2020, 19:36
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alodokter, ijin bertanya. Pasien anak perempuan 11tahun dengan lesi garis garis kemerahan agak timbul di kulit paha. Keluhan sudah sejak 1 tahun terakhir, lesi menetap dan bertambah luas . Kadang dirasakan gatel di daerah lesi. Lesi juga didapatkan pada daerah paha saudara kandung yg tidur bersamaan dengan pasien. Diagnosis awal saya creeping eruption, tp sementara belum mendapatkan terapi. Mohon masukan dan saran terapi untuk pasien tersebut. Terimakasih

12 November 2020, 19:47
Alo dokter, izin ikut berdiskusi ya dok
Kalau boleh tahu dok apakah lesi kulit pada pasien tersebut hanya terdapat pada daerah paha saja atau terdapat di daerah lain dok? Lalu tentunya bila sudah 1 tahun sudah diobati apa saja selama ini dan keluhannya hilang timbul atau terus ada dok?
12 November 2020, 20:17
Anonymous
Anonymous
Dokter Umum
Di daerah paha saja dokter dan lesi menetap tidak hilang timbul dan cenderung bertambah luas.  Selama setahun kadang hanya dioles salep steroid plus antibiotik saja.
12 November 2020, 20:44

Alo Dokter,

Izin berpendapat ya dok, kalau dari informasi yang dokter berikan untuk creeping eruption sendiri selain khas untuk cutaneous larva migrans, namun masih bisa juga mirip dengan lesi skabies dok. Karena sesuai literatur ini untuk CLM sendiri sebenarnya dapat sembuh sendiri dalam 6-8 minggu. 


https://www.alomedika.com/penyakit/dermatovenereologi/cutaneous-larva-migrans


Dari gambarannya juga masih memungkinkan ke arah dermatitis sepertinya dok. Sehingga untuk terapinya mungkin bisa disesuaikan dengan temuan lain dan faktor resiko yang ada pada pasien dok.

Mungkin teman sejawat dokter spesialis kulit bisa memberikan pencerahan dok untuk kasus ini?