gangguan pendengaran akibat penggunaan obat2 bersifat ototoksik - THT Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Rano Aditomo, Sp. THT-KL., izin bertanya dokter.Saya pernah menemukan pasien yang mengalami gangguan pendengaran setelah mengkonsumsi obat-obatan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • gangguan pendengaran akibat penggunaan obat2 bersifat ototoksik - THT Ask The Expert

    29 September 2021, 11:17

    Alo dr. Rano Aditomo, Sp. THT-KL., izin bertanya dokter.

    Saya pernah menemukan pasien yang mengalami gangguan pendengaran setelah mengkonsumsi obat-obatan yang bersifat ototoksik. Apakah gangguan pendengaran ini bersifat menetap atau sementara? Jika menetap, Bagaimanakah penanganannya selanjutnya? 

    Terima Kasih dok sebelumnya.

29 September 2021, 12:34
dr. Rano Aditomo, Sp.THT-KL
dr. Rano Aditomo, Sp.THT-KL
Dokter Spesialis THT

Alodokter, terima kasih atas pertanyaanya.

Ototoksik karena pemakaian obat jangka lama bersifat permanen. 

Untuk penanganannya, adalah menncegah supaya tidak bertambah berat. Penatalaksaannya yaitu : 

- Pemilihan alternatif obat yang kurang ototoksik

- Menurunkan dosis dengan memperhitungkan fungsi ginjal, kecepatan penyuntikan.

- Pemberian obat-obatan yang bertujuan sebagai protektif

- Pemakaian alat bantu dengar

 

Terima kasih