Fontanela Anterior Menutup Sejak Lahir - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodocs! Ijin konsul pertanyaan dari user dok, ia mengeluhkan ubun-ubun anaknya sudah menutup dan tidak berdenyut sedari lahir. Anak dikatakan tidak menangis...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Fontanela Anterior Menutup Sejak Lahir

    25 Februari 2019, 16:05

    Alodocs! 

    Ijin konsul pertanyaan dari user dok, ia mengeluhkan ubun-ubun anaknya sudah menutup dan tidak berdenyut sedari lahir. Anak dikatakan tidak menangis saat lahir, sempat kejang 1x dan dirawat di NICU selama 1 bulan. 

    Kira-kira apa yang terjadi pada fontanela anteriornya sehingga sudah menutup sebelum waktunya, dan apakah hal ini berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan anak dok? Mengingat seharusnya fontanela anterior menutup mulai usia 12 bulan. 

    Mohon arahan dan ilmunya dokter

    Terimakasih 🙏

25 Februari 2019, 18:31
Sepengetahuan saya jika fontanela anterior sdh menutup sejak lahir maka akan terjadi gangguan tumbuh kembangnya, misalnya  kemampuan bicara, motorik kasar dan halus.

Mohon sharing ilmunya dari TS pediatri. Trimakasih.
26 Februari 2019, 10:26
Trimakasih sharingnya dokter 🙏
25 Februari 2019, 19:20
dr.Indah Chitra, Sp.S
dr.Indah Chitra, Sp.S
Dokter Spesialis Saraf
Kasus yang menarik dok. Craniosynostosis dapat disebabkan defek kromosom, infeksi kongenital, ensefalopati hipoksia, hipertiroid/paratiroid, dll. Sindrom craniosynostosis yang terkenal adalah sindrom Apert dan sindrom Crouzon, yang juga disertai sindaktili, polidaktili, hearing loss, fusi os cervical dan labiopalatoskizis. Gejala yang timbul bisa berupa delay development, gangguan kognitif, peningkatan TIK, strabismus, dan kejang. 
26 Februari 2019, 10:27
Untuk keluhan lain dikatakan tidak ada oleb orangtuanya dokter, namun memang saat lahir ada kejang sekali. 
Terimakasih sharing ilmunya dok, sangat bermanfaat 🙏