Anak usia 3 tahun dengan flat foot namun tumbuh kembang baik dan dapat berlari - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, izin bertanya. Anak saya laki-laki usia 3 tahun, BB 17 kg, TB 97 cm pada kedua telapak kakinya saya perhatikan datar. Tumbuh kembang baik, dapat...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Anak usia 3 tahun dengan flat foot namun tumbuh kembang baik dan dapat berlari

    06 April 2021, 09:51

    Alo dokter, izin bertanya. Anak saya laki-laki usia 3 tahun, BB 17 kg, TB 97 cm pada kedua telapak kakinya saya perhatikan datar. Tumbuh kembang baik, dapat berlari, naik turun tangga, melompat tanpa ada keluhan nyeri. Tidak ada riwayat cedera berarti, saya dan suami juga tidak ada yang memiliki flat foot. Perlukah kami berobat ke dokter dan dilakukan koreksi? Apa yang dapat kami lakukan untuk mengurangi flat foot?

    Mohon masukkannya.

    Terimakasih

06 April 2021, 11:03

Alo Dokter,

Izin ikut berdiskusi ya, Dok. Dari referensi yang saya temukan, flexible flatfoot pada anak-anak cukup sering terjadi dan umumnya akan mengalami resolusi (elevasi arch) spontan dalam dekade pertama kehidupannya. Oleh karena itu, untuk flexible flatfoot yang tidak nyeri/tidak disertai abnormalitas lain, beberapa sumber menyatakan bahwa terapi/intervensi non-operatif (seperti sepatu koreksi dan orthotics) maupun operatif tidak diperlukan. Namun, hal ini masih menjadi perdebatan karena bukti ilmiah dari studi flatfoot anak memang masih terbatas.  Pada flatfoot dengan pemendekan tendon Achilles yang nyeri dan yang gagal diterapi secara konservatif, beberapa sumber menyarankan intervensi operatif.

Mungkin ada sejawat di bidang ortopedi yang dapat ikut menjawab pertanyaan ini. Berikut saya lampirkan referensi yang saya temukan ya, Dok:

https://online.boneandjoint.org.uk/doi/full/10.1007/s11832-010-0239-9

06 April 2021, 11:53
Alo dr.Meity,
Mohon maaf sebelumnya, dok.
Kalau menurut saya, tetap konsultasi ke Sp.OT dok. Meskipun tidak ada keluhan dan gangguan apapun. Untuk lebih memastikan 🙏
06 April 2021, 14:51
dr.Stefanus Hengkie Marseno Sp. OT
dr.Stefanus Hengkie Marseno Sp. OT
Dokter Spesialis Ortopedi
Salam kenal dokterFlat foot atau Pes Planovalgus pada kaki anak dokter seharusnya atau normalnya ada celah atau ada ruang kosong disisi bagian dalam telapak kakinya dok. Kebanyakan anak² yang mengalaminya akan tampak kaki depan seperti mengarah keluar (forefoot abduction) dan telapak kaki bagian belakang valgus , sehingga seperti mudah kehilangan keseimbangan atau beresiko mudah jatuh, karena adanya kekakuan ditelapak kaki akibat tarikannya tersebut sehingga betis akan menegang. Namun hal ini harus dibuktikan terlebih dahulu dengan pemeriksaan dokter orthopaedi, dan akan dilakukan beberapa specifik test untuk lebih memastikan dan apabila diperlukan akan dilakukan pemeriksaan rontgen. Akan ditentukan flatfeet tipe hipermobile flexible (umumnya ada riwayat keluarga, terutama pada kasus keluarga yang ada ligament laxity ), lalu tipe yang rigid (kaku) dan yang ketiga tipe yang non rigid /flexible dok, untuk yang rigid kemungkinan memerlukan therapy yang hingga sampai mohon maaf operasi dok, karena akan mempengaruhi otot atau tendon achilles (tendo dibetis) sehingga sering anak akan mengalami jatuh sendiri atau kehilangan keseimbangan.Treatment pada yang tipe flexible tanpa keluhan akan membaik dengan sendirinya dan apabila diperlukan dengan modifikasi sepatu dok, memberikan insole tambahan.
06 April 2021, 17:02
Terimakasih banyak masukannya dok