Feses darah pada bayi yang baru memulai MPASI - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, izin bertanya apakah feses berikut dapat dikatakan feses disertai darah? Bayi usia 6 bulan baru memulai MPASI 2 minggu, awal2 memulai MPASI...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Feses darah pada bayi yang baru memulai MPASI

    15 Oktober 2022, 16:13
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter, izin bertanya apakah feses berikut dapat dikatakan feses disertai darah? Bayi usia 6 bulan baru memulai MPASI 2 minggu, awal2 memulai MPASI terjadi sembelit 3 hari tidak BAB, lalu diberikan probiotik interl*c setiap hari dan sudah 3 hari ini selalu BAB cair setiap habis makan, bisa 4x sehari.. apakah normal? Atau sdh bisa dikatakan diare? Baru hari ini feses terlihat seperti ada bercak darah setiap BAB. Anak tidak demam dan tidak rewel.. apakah diare dgn disentri ya dok? Mohon pencerahannya ūüôŹ berikut saya lampirkan foto feses¬†setiap kali BAB per hari ini.

15 Oktober 2022, 17:25
Rujuk ke spesialis
15 Oktober 2022, 23:28
Alo dokter, sebelumnya izinkan saya mencoba mengikuti diskusi ini. Perdarahan feses dapat terjadi di bagian atas (gastric) dan di bagian bawah (bagian colon) yang sering sekali kita lihat dan temukan sebagai haemorroid ataupun dapat juga dikarenakan luka akut pada bagian anus (gesekan/peradangan krn diaper rash). Perdarahan dibagian atas mempunyai pewarnaan kehitaman pada feses dan dari bagian bawah biasanya warnanya merah segar. Sedangkan disentri merupakan infeksi dari bakteri biasanya shigella sp ataupun amoeba dg gejala nyeri perut hingga distensi, adanya demam, konsistensi feses cair dan disertai darah dan lendir. Semoga membantu ya.