Etil Klorida untuk Cutaneous Larva Migrans (CLM) - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dok, izin bertanya, untuk penyemprotan etil klorida yang efektif untuk membunuh larva pada pasien cutaneous larva migrans itu bagaimana prosedur/step2nya...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Etil Klorida untuk Cutaneous Larva Migrans (CLM)

    09 Juli 2022, 22:20
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dok, izin bertanya, untuk penyemprotan etil klorida yang efektif untuk membunuh larva pada pasien cutaneous larva migrans itu bagaimana prosedur/step2nya ya dok? (Termasuk durasi, rutinitas, jarak penyemprotan, dsb) Terima kasih sebelumnya dok

10 Juli 2022, 11:17
dr.Trafalgar
dr.Trafalgar
Dokter Umum
Alo dokter. Penyemprotan etil klorida pada CLM  berguna untuk mengurangi gejala. Etil klorida tidak berguna untuk membunuh larva. Hati hati penggunaan etil klorida pada luka terbuka atau luka bekas garukan. Untuk membunuh larva, dapat diberikan albendazol 400 mg, 1x sehari, selama 3 hari.
11 Juli 2022, 15:08
dr. Jo
dr. Jo
Dokter Umum

Alo dokter,

Kalau dalam Panduan Praktik Klinis (PPK) Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (Perdoski) 2017, tatalaksana CLM memang masih dapat menggunakan ethyl chlorida spray.

Namun, dalam literatur Tan, S. K., et al (2020), tatalaksana CLM dengan menggunakan ethyl chlorida tidak direkomendasikan lagi. Dalam literatur Maxfield, L., et al (2022), juga disebutkan bahwa tatalaksana CLM dengan menggunakan ethyl chlorida tidak efektif dan harus dihindarkan.

 

Untuk prosedur penggunaan ethyl chlorida spray terkait durasi, frekuensi, dan cara pemakaian sebagai tatalaksana CLM belum saya dapatkan.

Untuk informasi lebih lanjut terkait CLM dapat dilihat disini.