Konsul pria 56 tahun dengan panas pada tungkai kiri dan benjolan di lipat paha - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo DokterPasien 56 th pria dengan keluhan terasa panas pada tungkai kirinya sejak 1 2 hari ini, semakin lama semakin melebar dan terasa kemeng, tidak ada...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Konsul pria 56 tahun dengan panas pada tungkai kiri dan benjolan di lipat paha

    13 Maret 2019, 14:28

    Alo Dokter

    Pasien 56 th pria dengan keluhan terasa panas pada tungkai kirinya sejak 1 2 hari ini, semakin lama semakin melebar dan terasa kemeng, tidak ada riwayat trauma. Pasien memiliki riwayat penyakit darah tinggi saja. Pasien juga mengeluhkan ada beberapa benjolan di lipatan paha.

    Suhu tubuh 38.0, pemeriksaan fisik lain dalam batas normal, kecuali penampakan di foto dan benjolan di kgb inguinal kiri.

    pemeriksaan lab darah lengkap dalam batas normal semua temasuk gula darah.

    Mohon saran diagnosa dan tatalaksana ย dari TS sekalian ๐Ÿ™

13 Maret 2019, 14:40
Alodokter.

Dari informasi klinis tsb bahwa ada kemungkinan erisipelas dd selulitis didukung oleh adanya demam dan ada benjolan.

Benjolan di inguinal tsb bisa saja krn limfadenitis krn drainase kaki ke sana.

Saran: perlu dilakukan rontgen utk menilai apakah ada keterlibatan tulang, atau hanya jaringan lunak. Jika gambaran dari darah rutin leukositosi maka bisa diberikan injeksi ampisilin, simptomatik lainnya, dan elevasi kaki.

Cmiiw ya Dok
15 Maret 2019, 00:03
Sebenarnya waktu melihat appearance awal memang sy duga erisipelas karena berbatas tegas, atau dd selulitis. Berarti kadar leukosit darah yang normal diabaikan saja ya dokter, walaupun erisipelas atau selulitis karena infeksi kuman tp tidak selalu leukositosis ya dokter?
13 Maret 2019, 14:44
Siang dok
Eritema berbatas tegas disertai nyeri, bengkak di kaki, demam, dan limfadenopati sepertinya sesuai dgn gejala erisipelas ya dok.
Sebaiknya diperiksa DL dan LED untuk melihat pertanda infeksi, juga ureum kreatinin dan sgot sgpt untuk kepentingan pemilihan antibiotiknya.
Semoga bisa membantu๐Ÿ™
13 Maret 2019, 17:31
Sangat membantu infonya Dok. 
13 Maret 2019, 23:00
Sangat membantu informasinya dok๐Ÿ™
14 Maret 2019, 16:58
dr.Samira
dr.Samira
Dokter Umum
Terimakasih dok atas informasinya ๐Ÿ˜Š sangat membantu ๐Ÿ˜Š
15 Maret 2019, 00:04
Sebenarnya waktu melihat appearance awal memang sy duga erisipelas karena berbatas tegas, atau dd selulitis. Berarti kadar leukosit darah yang normal diabaikan saja ya dokter, walaupun erisipelas atau selulitis karena infeksi kuman tp tidak selalu leukositosis ya dokter?
13 Maret 2019, 20:34
alo dokter,

Pada pasien ini bisa mengarah ke selulitis, namun bisa juga dengan differensial diagnosis suatu limfaedema, DVT, PAD, atau bisa juga sebuah dermatitis kontak toksik. Pemeiksaan ABI bisa mengeksklude adanya PAD, skor dengan wells score bisa mengeksklude adanya DVT. Kemudian dari klinis dan anamnesis bisa dipakai untuk menegakkan suatu selulitis . Semoga bermanfaat dan mohon asupan TS lainnya. 
15 Maret 2019, 00:04
Terima kasih banyak sharingnya dokter. Sangat membantu dokter ๐Ÿ™