Keluhan bercak gelap di kulit yang terasa nyeri pada wanita usia 65 tahun - Diskusi Dokter

general_alomedika

Konsul dok, wanita usia 65-70th, keluhan bercak gelap terasa nyeri sejak 2 hari. Keluhan udah dari 2 bulan dan reversible. Pencetus ga jelas. Nyeri makin...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Keluhan bercak gelap di kulit yang terasa nyeri pada wanita usia 65 tahun

    07 Maret 2020, 18:50

    Konsul dok, wanita usia 65-70th, keluhan bercak gelap terasa nyeri sejak 2 hari. Keluhan udah dari 2 bulan dan reversible. Pencetus ga jelas. Nyeri makin terasa bila tertekan, kalau tergosok jadi luka. Keluhan lain tidak ada. Riw penyakit lain tdk ada. Riw minum obat"an, ramuan tidak ada. Riw. Pemakaian lotion dsb tidak ada.

07 Maret 2020, 19:13

Selamat malam Dokter, bagaimana dengan kadar gula darah pasiennya dokter? apakah sudah dilakukan pemeriksaan Lab sebelumnya Dokter? Apakah pasien demam? memiliki riwayat cedera? Tempat muculnya ruam ada di wajah dan bagian perut ya Dokter?

Untuk keluhan demikian mungkin tetap bisa di dd dengan :

Infeksi pada kulit seperti: 

- Selulitis: yang ditandai dengan perubahan warna kulit menjadi kemerahan, disertai pembengkakan, adanya rasa hangat pada ruam. 

- Erisipelas: yang bisa didahului dengan gejala prodormal seperti lelah, demam, dan diikuti dengan lesi kulit, yaitu rasa gatal, terbakar, dan munculnya  ruam yang membengkak di kulit. 

Atau

- Dermatitis akibat kontak dengan bahan atau zat tertentu sebelumnya Dokter.

Mungkin harus tetap digali dulu Dokter terkait dengan paparan bahan-bahan khusus sebelumnya Dokter, dilakukan juga pemeriksaan fisik menyeluruh termasuk bagaimana tanda-tanda vital pasien apakah ada peningkatan suhu atau demam? dan dilanjutkan dengan pemeriksaan penunjang seperti lab darah lengkap dokter. 

Berikut dilampirkan link yang mungkin bisa membantu

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6303460/

https://emedicine.medscape.com/article/1052445-overview

Mungkin ada TS lain yang ingin menambahkan, CMIIW.

07 Maret 2020, 20:27
Pemeriksaan gula kearah mana ya dok? Predileksi hanya di wajah, tangan dan batang tubuh bagian depan dan apabila muncul hampir selalu di lokasi yg sama. Keluhan lain hanya demam saja. Pemakaian obat topikal/bahan iritatif tidak ada. Hanya saja pasien sering minum obat sendiri bila keluhan seperti ini muncul. Tapi utk antisipasi udh dilarang segala pemakaian obat dan atau ramuan jenis apapun utk diminum atau dioles. Btw makasih bahannya dok 🙏
07 Maret 2020, 20:16
apa ada riwayat minum obat tertentu/jamu adukan beli di warung? Kadang jamu adukan dicampur nsaid atau steroid. Atau ada obat kumur/keputihan (nistatin), pil KB, atau pewarna makanan..?
Ada riwayat herpes simpleks?
Ada keterlibatan mukosa apa tidak ya dok?

Dari lesinya seperti fixed drug eruption dd eritema multiforme

Saran:
- stop bahan terduga
- steroid oral setara prednison 0.5-1 mg/kgBB/hari
- konsul sp.KK untuk biopsi
07 Maret 2020, 20:36
Dari keterangan pasien ga ada minum" jamu/ramuan herbal atau topikal apapun, hanya antibiotik yg dibeli sendiri di warung jika sakit dok. Tapi utk antisipasi udh dilarang segala pemakaian obat dan atau ramuan jenis apapun utk diminum atau dioles. Mungkin akan lebih saya gali lg dari anamnesanya pd kontrol yg mendatang, mungkin saya ad yg terlewat. Kalo dari lesinya sih sepertinya superfisial, krn begitu ditekan itu rapuh dan mudah terbuka.

Dari lesi emg mirip fix drug eruption ya dok. Btw terimakasih atas penjelasannya dok 🙏
07 Maret 2020, 20:40
Itu mengarah ke alergi obat dokter, coba digali lbh dalam psiennya mengkonsumsi apa, dari bibir pasien ada kesan angioudem
08 Maret 2020, 15:27
Terimakasih dok
07 Maret 2020, 21:07
dr. Epi Panjaitan, SpKK
dr. Epi Panjaitan, SpKK
Dokter Spesialis Kulit
Ini adalah alergi obat tipe fix atau disebut dengan fixed drug eruption. Tq
08 Maret 2020, 15:26
Terimakasih dok
08 Maret 2020, 13:28
dr. Fitri Utami SpDV
dr. Fitri Utami SpDV
Dokter Spesialis Kulit
Fix drug eruption...cari obat pencetus
08 Maret 2020, 15:27
Terimakasih dok
08 Maret 2020, 13:34
tanda tanda keganasan?