Perbedaan endoftalmitis, panoftalmitis, dan panuveitis - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter!Ingin bertanya, sebenarnya apa sih perbedaan endoftalmitis dengan panoftalmitis, kemudian perbedaanya juga dengan panuveitis. Mohon penjelasannya...

Diskusi Dokter

23 Januari 2019, 06:55

Alo Dokter Andrew, 

Perbedaannya lebih ke arah klasifikasi termsnya, Dok... ada yang mengkategorikan sebagai endoftalmitis dan panopthalmitis, mengacu pada pengertian kalau endoftalmitis adalah peradangan pada bagian dalam bola mata (aqueous dan atau vitreus humor) sementara kalau panopthalmitis adalah peradangan pada keseluruhan bagian mata (dari bilik depan sampai retina/choroid)

Sementara untuk terms berdasarkan anatomis yang juga sering dipakai, menggunakan istilah uveitis anterior, uveitis intermediate, uveitis posterior, dan panuveitis. Dengan panuveitis menggambarkan infeksi pada keseluruhan bagian mata (uveitis anterior sampai posterior tanpa ditemukannya predominan proses infeksi).

CMIIW DOk, ini dari pemahaman saya, untuk apa perbedaan dari panuveitis dengan panopthalmitis, sebenarnya saya juga masih kurang jelas, mungkin ada TS lain yang bisa bantu menjelaskan :) 

Berikut link yang dapat dibaca Dok, 

https://emedicine.medscape.com/article/1208936-overview

https://emedicine.medscape.com/article/799431-overview#showall

https://www.aao.org/bcscsnippetdetail.aspx?id=a32c6c99-de09-4956-acdc-6e7215bc4488

25 Januari 2019, 12:21
Terima kasih dokter 🙏
23 Januari 2019, 09:34
dr.H.Yaskur Syarif,SpM
dr.H.Yaskur Syarif,SpM
Dokter Spesialis Mata
Alo dr. Andrew.
Biasanya kita memulai dari etimologinya.
Uveitis biasanya etionya bersifat endogen & idiopatik akibat adanya sumber dalam tubuh seperti sumber reaksi eksogen dari tonsil & paru 
Namun yang terbanyak idiopatik biasanya adanya kelainan HLA seseorang yang dapat menimbulkan tanda tanda uveitis yang kronis.
Umumnya uveitis itu kronis ,hanya uveitis anterior yang akut yang merupakan reaksi imunologis tipe I.
Endoftalmitis biasa kita diagnosa yang etionya Eksogen yang disebabkan kuman yang dalam waktu 24 jam pasien sangat kesakitan dan terlihat massa suppuratif yang kuning dalam bola mata.
Sedangkan panoftalmitis biasa kita sebut apabila sudah mengenai seluruh bola mata bahkan adneksanya

25 Januari 2019, 12:22
Terimakasih dokter, sangat jelas informasi nya 🙏
26 Januari 2019, 10:24
Terimakasih atas tambahan infonya Dok,  sangat bermanfaat.