Efek skoliosis pada kehamilan - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat malam TS. Ijin bertanyaApakah ada efek tertentu skoliosis pada kehamilan?Misalkan pertimbangan khusus jika diperlukan operasi sesar karena tindakan...

Diskusi Dokter

21 April 2019, 21:38
dr.Danny Maesadatu S, SpOG
dr.Danny Maesadatu S, SpOG
Dokter Spesialis Kandungan
Alo TS,

Bila kita membahas mengenai sebuah kelainan medis pada kehamilan, maka kita harus menilai dari dua sisi. Dalam hal ini yang disampaikan adalah skoliosis dalam kehamilan. Jadi, perlu kita nilai apakah skoliosis akan pengaruhi kehamilan dan janin? Dan apakah kehamilan juga mempengaruhi skoliosis? 

Pertama, secara umum, kondisi skoliosis tak akan pengaruhi tumbuh kembang janin, atau pun cara persalinan. Dan, kebanyakan indikasi operasi pada sebuah penelitian yang sudah agak lama, menyatakan bahwa kondisi ini lebih terkait dengan masalah obstetri itu sendiri. Ini adalah tautan abstrak penelitian terkait skoliosis dan kehamilan.


Meski begitu, penelitian terbaru menyatakan bahwa perempuan dengan skoliosis idiopatik mungkin ada sedikit kenaikan risiko masalah infertilitas, nyeri pinggang saat hamil yang lebih berat. Dan efek terkait kehamilan berupa sedikit peningkatan progresi kurva dari skoliosis di masa peripartum. Saya lampirkan tautan terkait hal ini.

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/28664223

Kira-kira ini yang bisa saya sampaikan. Silakan tambahan diskusi dari TS Obsgin dan Orthopedi terkait literatur review atau pengalaman klinis yang pernah ditemui.

Terima kasih
22 April 2019, 07:06
Terima kasih tautan dan ilmunya ya dok
05 Mei 2019, 23:02
dr. Darrell Fernando, SpOG
dr. Darrell Fernando, SpOG
Dokter Spesialis Kandungan
Setuju dgn dr. Danny. Biasanya yg menjadi pertimbangan adalah metode persalinan, kalau pasien tidak memungkinkan utk posisi litotomi, atau bila ada deformitas berat hingga terjadi CPD, maka biasanya dianjurkan utk SC. Metode anestesi spinal masih dapat dilakukan tergantung setinggi apa lokasi deformitas tulang belakangnya
02 Juli 2019, 17:25
Sangat bermanfaat informasinya Dok 🙏
03 Juli 2019, 08:56
Terima kasih dokter ilmunya
24 April 2019, 08:33
dr.bambang eko wiyono
dr.bambang eko wiyono
Dokter Spesialis Kandungan
Alo ts...
Skoliosis dalam kehamilan,..skoliosis dalam kehamilan tdk berpengaruh terhadap tumbuh kembang janin dalam kehamilan,kehamilannya akan berkembang seperti kehamilan pada ibu hamil tanpa skoliosis,hanya nanti pada saat persalinan kehamilannya ini akan melewati dasar panggul,kalau skoliosis ya ini berpengaruh pada pintu atas panggul atau bawah panggul spt panggul  picak,perlu dilakukan evaluasi saat persalinan apakah nantinya persalinan dapat perhatikan atau lewat sectio caesaria....
27 April 2019, 23:36
Terima kasih ilmunya dok
02 Juli 2019, 17:25
Terimakasih infonya Dok. 
28 April 2019, 21:19
Terima kasih dokter ilmunya.
02 Juli 2019, 18:17
Sore dok..
Setuju dengan TS SpOG semua diatas dok..
Kalau dari orthopaedi, tidak pernah ada masalah pasien dengan skoliosis untuk Hamil..
Baik pasien yang pernah koreksi deformitas maupun pasien yang konservatif..

Gangguan pada pasien yang belum dikoreksi, hanya masalah backpain saat kehamilan, namun tidak spesifik karena rasanya semua ibu Hamil akan mengalami saat trimester ke3..(CMIIW ya dok)..

Selebihnya untuk perkembangan janin tidak terpengaruh, untuk proses melahirkan pun seperti pendapat ts SpOG diatas semua..🙏🙏..

Jadi, semoga kalau ada pasien skoliosis menanyakan kemungkinan untuk hamil, dapat Di KIE dengan baik ya dok..😊🙏🙏
03 Juli 2019, 19:11
dr.Izaak H. T
dr.Izaak H. T
Dokter Umum
Selamat mlm dokter, ijin bertnya  sy kecelakaan tunggal  sejak 2 munggu yg lalu,   jd hsil pemeriksaan poto radiologis sy fraktur klavikula tertutup.dokter ap klo tanpa operasi tulng bz cpt sembuh dg cara reduksi  tertutup dan imobilisasi it proses pnyembuhnnya Lama atau cepat dokter..mhon pnjlasan Dokter.  Tks
03 Juli 2019, 00:42
Terima kasih infonya Dok 🙏
03 Juli 2019, 08:49
Terimakasih atas sharing ilmunya, Doc.