Edukasi protokol kesehatan bagaimana yang tepat diberikan pada pengguna yang perlu ke faskes di masa pandemi - Diskusi Dokter

general_alomedika

Dalam Chat Bersama Dokter tidak jarang pengguna mengeluhkan takut pergi ke fasilitas kesehatan saat pandemi karena khawatir risiko tertular virus corona....

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Edukasi protokol kesehatan bagaimana yang tepat diberikan pada pengguna yang perlu ke faskes di masa pandemi

    17 Juli 2020, 15:39

    Dalam Chat Bersama Dokter tidak jarang pengguna mengeluhkan takut pergi ke fasilitas kesehatan saat pandemi karena khawatir risiko tertular virus corona. Selain itu, di tengah pandemi saat ini juga ada himbauan untuk menunda ke fasilitas kesehatan kecuali gawat darurat. Namun, apabila kondisi pengguna memang terdapat indikasi untuk periksa langsung ke fasilitas kesehatan tentu Dokter dapat menenangkan dan memberikan pengertian agar dapat memeriksakan diri ke dokter dengan aman sehingga keluhannya dapat teratasi dan mengurangi risiko penularan dengan edukasi mengenai protokol kesehatan yang sesuai.

    Beberapa saran edukasi yang dapat diberikan antara lain:

    1. Menghubungi fasilitas kesehatan yang akan dituju terlebih dahulu untuk membuat janji dengan dokter agar meminimalisir antrian.
    2. Menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun (atau hand sanitizer) sebelum dan sesudah periksa, jaga jarak dengan pengunjung lainnya, serta hindari memegang benda-benda atau permukaan benda yang sering disentuh orang banyak.
    3. Mengganti pakaian dan mandi setelah pulang dari fasilitas kesehatan sebelum berinteraksi dengan keluarga di rumah.


    ´╗┐Serta artikel berikut ini bisa sebagai referensi dalam edukasi pasien: https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/daily-life-coping/doctor-visits-medicine.html

    Bagaimana pendapat rekan sejawat sekalian, pernahkah menemui hal serupa? adakah edukasi tambahan yang bisa kita berikan apabila pengguna takut atau ragu memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan pada masa pandemi ini? atau bagaimana sikap kita seharusnya menanggapi hal tersebut?

17 Juli 2020, 16:45

Terima kasih dr. Olvy untuk informasi dan link yang diberikan.

17 Juli 2020, 20:01
Terima kasih dok untuk info nya. 
17 Juli 2020, 22:43
Makasih info nya
21 Juli 2020, 08:32

Terima kasih dr. Olvy,

Cukup sering juga menemukan kasus dimana pengguna sudah indikasi pemeriksaan langsung ke Dokter, tetapi takut pandemi .. sangat membantu, Dok.

21 Juli 2020, 09:03
dr.Meiriani Sari MSc, SpA
dr.Meiriani Sari MSc, SpA
Dokter Spesialis Anak
Terimakasih infonya dok­čÖĆ
21 Juli 2020, 09:39
trimks infonya
21 Juli 2020, 11:46
Terimakasih infonya dok