Edukasi cara membersihkan serumen - THT Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter Rano, Sp. THT-KL, bagaimana cara mengedukasi pasien membersihkan serumen secara berkala? Mengingat selama ini banyak yang menggunakan korekan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Edukasi cara membersihkan serumen - THT Ask the Expert

    Dibalas 12 Desember 2022, 12:40
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter Rano, Sp. THT-KL, bagaimana cara mengedukasi pasien membersihkan serumen secara berkala? Mengingat selama ini banyak yang menggunakan korekan telinga baik dari kapas maupun besi yang banyak terjual di pasaran.

    Sepengetahuan saya kotoran telinga akan keluar sendiri dengan gerakan mengunyah.

    Bagaimana perawatan membersihkan telinga yang baik sebelum terjadinya serumen prob?

    Alat apa yang aman digunakan pasien saat melakukan perawatan sederhana di rumah sendiri?

    Terimakasih dokter ­čÖĆ

12 Desember 2022, 12:40

Aldokter, terima kasih atas pertanyaannya...

YA betul sekali dok, serumen / telinga memiliki kemampuan " self cleansing" . jadi tidak perlu dibersihkan secara berkala. KECUALI, jika yang memiliki serumen dengan konsistensi keras dan ada keluhan telinga tersumbat / penuh. HArus rutin periksa ke dokter umum / dokter THT tiap 6 bulan sekali untuk dibersihkan. Untuk orang awam dapat di edukasi manfaat serumen , dan resiko jika terlalu bersih dapat menyebabkan infeksi (OE)

 Alat yang aman untuk perawatan dirumah (untuk dokter umum, bukan orang awam) adalah spooling telinga / irigasi , menggunakan spuit 20 ml dan selang NGT diujungnya. Hal ini aman ddan minim nyeri. tapi harus dipastikan tidak ada riwayat OMSK / keluar nanah dari telinga ya dok..

Semoga membantu menjawab ya dok