Pasien dengan edem paru akut apakah dapat diberikan obat sebelum dirujuk - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodokter, mohon izin bertanya dan berbagi ilmu nya, bila menemukan pasien edem paru akut di klinik yang berjarak 30-1 jam atau lebih jauh dari Rumah Sakit,...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien dengan edem paru akut apakah dapat diberikan obat sebelum dirujuk

    15 Februari 2021, 05:33
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alodokter, mohon izin bertanya dan berbagi ilmu nya, bila menemukan pasien edem paru akut di klinik yang berjarak 30-1 jam atau lebih jauh dari Rumah Sakit, apakah sebelum merujuk boleh memberikan furosemid 2 ampul via im/iv, atau cukup dengan Oksigen NRM 15Lpm? atau ada yang lain?┬áterimakasih sebelumnya. mohon berbagi ilmunya ­čÖĆ

15 Februari 2021, 05:38
dr. Karen Pandhika Sp.B
dr. Karen Pandhika Sp.B
Dokter Spesialis Bedah
Alo dokter, izin menjawab
Bila posisi masih diklinik bisa dibantu dengan posisi 1/2 duduk dan pemberian oksigen dokter,
Semoga membantu
15 Februari 2021, 14:29

ALO, Dokter..

Izin ikut berdiskusi ya, Dok. 

Prinsip manajemen edema paru akut adalah dengan untuk meredakan gejala, meningkatkan oksigenasi, menjaga curah jantung dan perfusi organ vital, dan mengurangi kelebihan cairan ekstraseluler. Resusitasi ABC (Airway, Breathing, Circulation) perlu dilakukan secara simulatan. Manajemen prehospital dapat dilakukan tergantung pada sumber daya yang tersedia, seperti:

1. Titrasi oksigen untuk menjaga saturasi >95%

2. Vasodilator berupa nitrat dapat diberikan secara sublingual setiap 5-10 menit. Periksa tekanan darah secara berkala dan hentikan pemberian nitrat apabila tekanan darah menurun <110/80.

3. Diuretik - Furosemide dapat diberikan melalui oral atau intravena. Akan tetapi, efek terapi furosemide baru akan muncul setelah beberapa jam.

4. Aspirin loading dose 300-325 mg, jika tidak ada kontraindikasi

Selain itu, jika tersedia, pemeriksaan EKG dapat dilakukan untuk menilai apakah ada aritmia atau iskemia, yang sering mempresipitasi terjadinya edema paru akut. Periksa tanda vital pasien (saturasi oksigen, denyut nadi, tekanan darah) setiap 15 menit. Lengkapi juga riwayat penyakit dan obat-obatan pasien serta catat semua intervensi prehospital yang telah diberikan. Pada beberapa kondisi, CPAP dapat digunakan jika ventilator dan petugas medis terlatih tersedia.

https://www.alomedika.com/penyakit/kardiologi/edema-paru-akut/penatalaksanaan

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5408000/#r7