Seorang perempuan usia 26 tahun dengan gangguan makan setiap bulannya apakah dapat termasuk gangguan disforik pramenstruasi - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter.Mau sharing kasus dan diskusi saja.Saya punya teman, perempuan, 26 tahun, dia cerita ke saya kalau punya kebiasaan makan banyak yang muncul setiap...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Seorang perempuan usia 26 tahun dengan gangguan makan setiap bulannya apakah dapat termasuk gangguan disforik pramenstruasi

    27 Januari 2021, 12:40
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter.

    Mau sharing kasus dan diskusi saja.

    Saya punya teman, perempuan, 26 tahun, dia cerita ke saya kalau punya kebiasaan makan banyak yang muncul setiap bulannya dan beberapa kali episode. Keinginan makan terus-menerus ini kadang muncul disertai dgn keinginan makan sesuatu tertentu. Kalau makanan yg dia inginkan blum dia makan, seberapa banyak makan pun dia merasa tidak kenyang. Dan masalahnya lagi setiap dia binge eating, selalu diikuti dengan prilaku memuntahkan makanan dgn cara memasukan jari ke dalam mulutnya.

    Saya pernah menyarankan untuk tracking tanda dan gejala PMDD dgn menggunakan chart.

    Tanda dan gejala seperti depresi, mood swing, suicide thought memang kadang2 muncul tapi tidak setiap bulan. Gejala seperti nyeri2 otot, swelling, breast tenderness dll paling sering muncul.

    Hanya saja gejala2 ini kadang muncul pada saat memasuki masa fertile window, kemudian membaik, masuk masa PMS mulai kembali seperti itu.

    Pun sama hal nya dgn kebiasaan makan dia. Hanya saja kebiasaan makannya yg seperti saya jelaskan di atas selalu muncul pada saat beberapa hari stlh memasuki fertile window, membaik saat akhir fertile window kemudian muncul lagi di tengah2 masa PMSnya.

    Memasuki fase haid, baik mood maupun pola makannya kembali seperti semula.

    Yang ingin saya tanyakan, apakah eating disordernya merupakan salah satu tanda PMDD atau diagnosis berbeda?

    Apakah depresi, suicide thought, mood swing yg dialaminya sudah bisa dimasukan ke dx PMDD walau tidak setiap bulan muncul meski kadang2 juga muncul saat memasuki masa ovulasi?

    Pengobatannya bagaimana ya dok?

27 Januari 2021, 13:18
Alo dok, Menurut saya, mungkin sebaiknya disarankan untuk konsul ke psikiater karena ada perilaku gangguan makan bulimia. Untuk PMDDnya jg mungkin perlu ditelusuri lagi  apakah pasien pernah merasakan gejala serupa di luar siklus haidnya itu dan sudah berapa lama gejala tersebut dialami, karena bs overlapping dengan gejala gangguan mood.CMIIW.