Diagnosis Tendinitis - Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo, dr. Budiati Laksmitasari, Sp.KFRSaya ingin bertanya, seorang pasien wanita usia 27 tahun mengeluhkan area bahu kanannya sakit selama kurang lebih 6...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Diagnosis Tendinitis - Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Ask the Expert

    09 Februari 2021, 08:20
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo, dr. Budiati Laksmitasari, Sp.KFR

    Saya ingin bertanya, seorang pasien wanita usia 27 tahun mengeluhkan area bahu kanannya sakit selama kurang lebih 6 bulan. Nyeri ini muncul sejak pasien bepergian 6 bulan sebelumnya dan sempat menggantungkan tas yang berat di bahu kanan tersebut dalam waktu lama. Nyeri hilang timbul, biasanya muncul saat pasien banyak menggerakan lengan kanan. Nyeri juga bisa menjalar sampai ke belakang bahu atau ke depannya.

    Kira-kira untuk dokter umum di fasilitas pelayanan kesehatan primer, selain pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang apa yang perlu dilakukan untuk menegakkan diagnosis bila dicurigai tendinitis? Dan kira-kira untuk kasus ini selain tendinitis, apakah ada diagnosis lain yang lebih mungkin, Dok?

    Jika benar tendinitis, apakah jika sudah berlangsung selama 6 bulan, cukup diterapi dengan medikamentosa saja (misalnya obat antinyeri dan antiinflamasi) atau membutuhkan terapi lain juga?

    Terima kasih, Dok

09 Februari 2021, 09:11

Alo dokter. Terimakasih pertanyaannya.

Nyeri pada bahu, termasuk pada kasus ini dapat disebabkan oleh beberapa penyebab. Jika dilihat dari struktur yang ada di bahu, nyeri dapat bersumber pada otot, tendon, sendi, kapsul sendi, bursa, atau saraf perifer. Nyeri juga dapat disebabkan oleh nyeri alih dari area lain seperti cervical. Gangguan pada struktur tersebut dapat berupa tear/robekan, inflamasi, subluksasi, spasme atau gangguan lain.   

 

Diperlukan pemeriksaan fisik yang lebih spesifik dan menyelurh, Jika ada kecurigaan gangguan struktur, pemeriksaan penunjang yang dapat dilakukan oleh dokter umum antara lain x-ray untuk kecurigaan gangguan pada tulang/persendian, USG/MRI  jika kecurigaan gangguan pada soft tissue seperti otot/tendon/ligamen/bursa/saraf perifer. Jika ragu pemeriksaan penunjang apa yang akan dilakukan, baiknya dapat konsultasi ke dokter spesialis terkait.

 

Tatalaksana pada tendinitis, dapat berupa medikamentosa, tatalaksana dengan modalitas/alat seperti laser therapy, ultrasound, atau TENS (bergantung indikasi), taping, atau tatalaksana invasif seperti dry needle atau injeksi obat baik USG guided maupun blind. Tentunya penentuan tatalaksana berdasarkan hasil pemeriksaan menyeluruh. 

 

Terimakasih