Diagnosis dan Terapi Fotosensitif pada lansia - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodokter!Ijin konsul pasien laki-laki usia 69 tahun dengan keluhan kulit terasa seperti terbakar dan panas apabila terkena paparan sinar matahari. Kulit...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Diagnosis dan Terapi Fotosensitif pada lansia

    16 Mei 2019, 09:46

    Alodokter!

    Ijin konsul pasien laki-laki usia 69 tahun dengan keluhan kulit terasa seperti terbakar dan panas apabila terkena paparan sinar matahari. Kulit tidak memerah, hanya terasa panas saja. Hal ini baru mulai dirasakan sejak 2 tahun yang lalu, sehingga sampai saat ini pasien tidak berani keluar saat siang hari. Pasien ada riwayat pemasangan stent jantung 5 thn yll, dan saat ini masih rutin kontrol untuk jantungnya.

    Yang ingin saya tanyakan, apa kira-kira diferensial diagnosis pasien tersebut dan terapi apa yang dapat diberikan pada pasien ini? 

    Mohon sharingnya dokter, terimakasih ūüôŹ

16 Mei 2019, 10:24
dr. Marianti
dr. Marianti
Dokter Umum
ALO, Dokter.

Ada beberapa jenis obat yang efek sampingnya menyebabkan kulit jadi sensitif terhadap sinar matahari. Kalau tidak salah, obat diuretik, obat untuk diabetes, dan obat untuk penyakit jantung juga ada yang efek sampingnya seperti ini. Mungkin bisa ditanyakan obat-obatan apa saja yang sedang dia konsumsi, Dok.

Penanganannya tergantung dari penyebabnya. Kalau memang karena obat, bisa mengganti jenis obat atau menurunkan dosis. Tapi yang pasti, pasien memang harus menghindari paparan sinar matahari dan memakai sunblock.
16 Mei 2019, 10:32
dr. Andre
dr. Andre
Dokter Umum

Alo dr. Marianti!

Benar dok. Diuretik memang termasuk ke dalam golongan obat yang bisa menyebabkan drug-induced photosensitivity. Untuk list obat apa saja yang bisa menyebabkan kondisi ini, dapat dilihat pada link berikut ini:

https://emedicine.medscape.com/article/1049648-overview#a4

Semoga bermanfaat.

16 Mei 2019, 10:46
Benar dok. Setuju.
16 Mei 2019, 10:45
16 Mei 2019, 09:46

Alodokter!

Ijin konsul pasien laki-laki usia 69 tahun dengan keluhan kulit terasa seperti terbakar dan panas apabila terkena paparan sinar matahari. Kulit tidak memerah, hanya terasa panas saja. Hal ini baru mulai dirasakan sejak 2 tahun yang lalu, sehingga sampai saat ini pasien tidak berani keluar saat siang hari. Pasien ada riwayat pemasangan stent jantung 5 thn yll, dan saat ini masih rutin kontrol untuk jantungnya.

Yang ingin saya tanyakan, apa kira-kira diferensial diagnosis pasien tersebut dan terapi apa yang dapat diberikan pada pasien ini? 

Mohon sharingnya dokter, terimakasih ūüôŹ

Alo dokter

Ada beberapa kejadian dengan pemakaian antiplatelet dan anticoagulan memacu reaksi hipersensitivitas pada kulit pasien yang memerlukan obat tersebut seperti pada riwayat pemasangan stent yang harus konsumsi obat tersebut. Angka kejadiannya jarang, tapi memang ada. Hal ini muncul sebagai delayed-type allergic reaction terhadap phototoxic reaction.
Dari tatalaksana mungkin perlu konsultasi dengan Dermatologist (dr spKK) dan anjuran kontrol kembali ke Cardiologist untuk pemilihan terapi pengganti antiplatelet dan anticoagulan.
Salam.

 reaksi hipersensitivitas obat antiplatelet dan anticoagulan.
16 Mei 2019, 10:46
16 Mei 2019, 10:32

Alo dr. Marianti!

Benar dok. Diuretik memang termasuk ke dalam golongan obat yang bisa menyebabkan drug-induced photosensitivity. Untuk list obat apa saja yang bisa menyebabkan kondisi ini, dapat dilihat pada link berikut ini:

https://emedicine.medscape.com/article/1049648-overview#a4

Semoga bermanfaat.

Benar dok, setuju.