konsul ruam pada punggung tangan disertai gatal dan perih - Diskusi Dokter

general_alomedika

Pria 42 tahun mengeluhankan ruam/bentol pada punggung tangan disertai rasa gatal dan sedikit perih sudah 3 hari yang lalu. Awalnya hanya muncul bentol merah...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • konsul ruam pada punggung tangan disertai gatal dan perih

    30 Januari 2019, 00:34

    Pria 42 tahun mengeluhankan ruam/bentol pada punggung tangan disertai rasa gatal dan sedikit perih sudah 3 hari yang lalu. Awalnya hanya muncul bentol merah terasa gatal seperti gigitan nyamuk, lalu berkembang dengan cepat menjadi bentol bentol kecil berisi air seperti tampak pada gambar. Keluhan demam dan penyakit penyerta lainnya disangkal. Riwayat terpapar bahan kimia tertentu disangkal. Riwayat perilaku seksual berisiko disangkal. Pasien sehari hari tidur di kasur springbed, tidak pernah menjemur kasur, dan mengganti sprei 1 bulan sekali. Pasien saat ini memelihara kucing di dalam rumah dan cukup sering kontak dengan kucing. Istri pasien juga mengeluhkan hal yang serupa dan lokasi lesinya di perut dan punggung kaki.

    Dari hasil pemeriksaan fisik, 

    TTV dalam batas normal, pemeriksaan fisik umum tidak ditemukan kelainan

    UKK : pada dorsum manus dekstra tampak lesi papulo-vesicle eritem bergerombol, membentuk circle, sebagian pecah mengeluarkan cairan bening. 

    Apa saja diagnosis banding untuk kondisi kulit seperi ini, tatalaksana, serta edukasi untuk mencegah keluhan muncul di kemudian hari? Mohon asupan dan pencerahan dari dokter rekan sejawat sekalian, terima kasih banyak saya ucapkan sebelumnya.

30 Januari 2019, 06:42

Alo Dokter!

Menurut saya, diagnosis banding yang paling mendekati adalah bedbug bites, dermatitis numularis, insect bites, scabies. Untuk penatalaksanaan selengkapnya dapat dibaca pada tautan berikut ya...

https://emedicine.medscape.com/article/1088931-overview

https://emedicine.medscape.com/article/1123605-overview

https://emedicine.medscape.com/article/769067-overview

https://emedicine.medscape.com/article/1109204-overview

kalau untuk edukasi awal, mungkin bisa disarankan untuk meningkatkan personal higiene dan juga kebersihan lingkungan tempat tinggal, dimulai dari lebih sering mengganti seprai (paling tidak seminggu sekali), membersihkan spring bed (bisa dengan menjemur rutin atau memanggil jasa pembersihan kasur), hindari hewan peliharaan untuk masuk ke kamar tidur, jika memang ada kemungkinan ke arah scabies, bisa juga disarankan edukasi yang spesifik, Dok..... semoga membantu 

30 Januari 2019, 11:23
Terima kasih dok informasinya.
30 Januari 2019, 12:10
dr. Dinar Witasari, SpKK
dr. Dinar Witasari, SpKK
Dokter Spesialis Kulit
Kemungkinan besar dermatitis insect bite.
Radang kulit yang disebabkan krn gigitan atau sengatan serangga. Seringkali menimbulkan bercak atau bentol disertai rasa gatal yang hebat hingga rasa terbakar.

Yang jelas, jangan memanipulasi lesi seperti menggaruknya, karena akan semakin memperparah lesi. Juga hindari mengoleskan bahan-bahan yang akan menambah radang di kulit seperti minyak kayu putih, balsem, dkk.

Setuju dengan dr. Ranti...kebersihan rumah harus lebih ditingkatkan. Kasur dijemur, sprei sering diganti, karpet atau sofa bisa divacum, binatang peliharaan juga rutin digrooming.

Semoga membantu
30 Januari 2019, 19:18
Terima kasih dok, sangat membantu informasinya.