Demam 4 hari dengan makula eritema di seluruh tubuh - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodokter, Ijin share kasus dok, laki-laki 22 tahun dengan demam hari ke-4, sakit kepala, batuk, dan sakit di tenggorokan, muncul ruam merah di seluruh tubuh...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Demam 4 hari dengan makula eritema di seluruh tubuh

    17 Juni 2019, 13:42

    Alodokter, 


    Ijin share kasus dok, laki-laki 22 tahun dengan demam hari ke-4, sakit kepala, batuk, dan sakit di tenggorokan, muncul ruam merah di seluruh tubuh termasuk di wajah sejak 4 hari juga, dan dirasakan sangat gatal. Riwayat alergi obat atau makanan disangkal. 

    Pemfis: 

    Faring hiperemis ( ), tonsil T1/T1 normal, lidah kotor, ulkus aphtosa (-), kopliks spot (-) 


    St.lokalis: seluruh tubuh terdapat makula eritema bentuk geografika ukuran bervariasi dari 0.2 x 0.1 cm - 1x1cm, tersebut diskrete, makula tidak menghilang dengan penekanan, pasien tidak ingat di area mana ruam muncul terlebih dahulu.

    Riwayat pengobatan: Amoxicilin 3x500mg, demacolin 3x1, dexametason 0.5 mg , dan cetirizine 1x1. Di pkm dilakukan cek DL.

    Foto ruam dan hasil DL terlampir.


    Yang ingin saya tanyakan, kira-kira kemana arah diagnosis penyakit pada pasien di atas dokter? apakah merupakan salah satu contoh viral exanthema? 


    Mohon sharingnya dok, terimakasih 🙏

17 Juni 2019, 15:05

Alo dr. Wulan,

Kasusnya menarik Dokter.. terima kasih sudah sharing.

Sepengetahuan saya, untuk eksantema subitum ruamnya tidak gatal dan muncul saat demam sudah turun. Namun tetap tidak menutup kemungkinan untuk terjadi. Ada kemungkinan juga demam dan gatal tidak saling berhubungan. cmiiw..

 

17 Juni 2019, 15:45
Oh iya dok, ingin menambahkan sedikit untuk diagnosis bandingnya bisa ke arah eritema infeksiosum juga karena ada beberapa ciri yang mirip. DD lain mungkin bisa dipertimbangkan adanya reaksi alergi..cmiiw
17 Juni 2019, 20:57
Baik dok, terimakasih masukannya dr.winda 🙏