Pasien wanita usia 26 th dengan keluhan terdapat daging tumbuh di selangkangan - Diskusi Dokter

general_alomedika

Selamat malam TS, mohon konsultasi dan pendapatnya.Saya kedatangan pasien wanita usia 26 tahun datang dgn keluhan tumbuh benjolan kecil di selangkangan sejak...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pasien wanita usia 26 th dengan keluhan terdapat daging tumbuh di selangkangan

    13 April 2020, 20:09
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Selamat malam TS, mohon konsultasi dan pendapatnya.

    Saya kedatangan pasien wanita usia 26 tahun datang dgn keluhan tumbuh benjolan kecil di selangkangan sejak setengah tahun yang lalu. Benjolan awalnya hanya seperti papula tapi lama kelamaan membesar seperti biji nasi, namun tidak jadi lebih besat daripada itu. Nyeri disangkal, gatal disangkal. Pasien tidak pernah melakukan hubungan seks sebelumnya.


    Status lokal: ukuran seperti butir nasi, tidak keras, nyeri disangkal, permukaan mulus



    Apakah ini sama dengan kutil kelamin atau penyakit lain?

    Apakah kutil kelamin memang bisa didapatkan tanpa adanya hubungan seksual?

    Tatalaksananya kira2 bagaimana selain dilakukan pembedahan minor?


    Terima kasih sebelumnya

13 April 2020, 21:18
Halo Dokter Anonymous. Mungkin ada baiknya dokter bertanya apakah wanita tersebut sudah menikah atau belum, kalau belum menikah pasti jawabannya belum pernah berhubungan sex dan itu sudah jawaban umum. Walau kadang yg sudah menikah juga tidak mau mengaku. Dari gambaran foto, vegetasi bertangkai dan berwarna kehitaman, ini berarti waktunya sudah agak lama. Pada wanita biasanya juga disertai fluor albus. Klo terjadinya didaerah vulva dan sekitarnya bisa disebut Kondiloma Akuminata (kutil kelamin), sangat umum di indonesia. Pengobatan dengan bahan kimia bisa dipakai tingtura podofilin 10-25% atau larutan trichloroacetic acid 80-90%. Diharapkan pasangan sex juga diperiksa. Semoga membantu. Terima kasih
13 April 2020, 21:44
dr. Sonia Hanifati, SpDV
dr. Sonia Hanifati, SpDV
Dokter Spesialis Kulit
Selamat malam Dokter. Bila tidak ada kontak seksual, dapat dipikirkan diagnosis banding fibroma molle atau skintag. Tumor jinak kulit ini sering ditemukan di daerah lipatan / daerah yang sering terjadi friksi, pada orang dengan obesitas, dan diabetes mellitus.
Kondiloma akuminata memiliki kemungkinan untuk ditularkan secara non seksual meski lebih kecil, misalnya dari ibu ke bayi selama persalinan, fomites, maupun prosedur medis.
Kondiloma akuminata dan fibroma molle dapat dibedakan dengan tes asam asetat 5% dan juga dermoskopi. 
Pilihan terapi untuk KA adalah tutul TCA, bedah listrik (kauter), maupun bedah skalpel bergsntunt lokasi, ukuran, dan kenyamanan pasien
Pilihan terapi untuk fibroma molle adalah bedah listrik bila ukuran kecil.
Semoga dapat membantu.
18 April 2020, 03:12
dr.SK Sulistyaningrum, Sp.KK
dr.SK Sulistyaningrum, Sp.KK
Dokter Spesialis Kulit
Alo Dokter, 
Dear TS,

Melihat foto yang dilampirkan berdasarkan manifestasi klinis dan lokasi lesi, diagnosis yang paling mungkin adalah fibroma molle alias skin tag. Permeriksaan konfirmasi bs dg histopatologi alias biopsi (shave excision) yang sekaligus akan menghilangkan lesi.

Perihal kutil kelamin >80% akibat hubungan seksual. Dapat terjadi transmisi non seksual dari fomites (handuk), namun biasanya pada invidu immunocompromised, atau handling genital hygine care pada bayi dan anak. Bila tertarik baca tentang genital warts bs baca link tulisan dan penelitian saya ini.

Tatalaksana lain  untuk skin tag (fibroma molle) selain bedah minor, bisa dengan bedah listrik (electrocauter) atau bedah beku (cryotherapy).

Semoga bermanfaat.
Mohon maaf apabila ada kekurangan/kesalahan.

genital warts

 presentasi genital warts

18 April 2020, 11:41
Kemungkinan skintag ya Dok.