Bagaimana ketentuan evaluasia crown pada pasien - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter! Izin bertanya dok. Untuk kasus nyeri pada gigi geraham, yg dilakukan crown. Pada umumnya untuk evaluasi crown dilalukan berpa bulan sekali ya?...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Bagaimana ketentuan evaluasia crown pada pasien

    08 Juni 2020, 17:33
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter! 

    Izin bertanya dok. 


    Untuk kasus nyeri pada gigi geraham, yg dilakukan crown. Pada umumnya untuk evaluasi crown dilalukan berpa bulan sekali ya? Dan tatalaksana yg bisa dilakukan saat era covid saat ini bgaimana? 


    Btk. 

08 Juni 2020, 20:43

Alo, Dokter. 

 

Ini pertanyaannya untuk evaluasi crown setelah dilakukan pemasangan sebagai treatment dari masalah pada gigi geraham yang ada sebelumnya, atau evaluasi setelah pasang crown kemudian baru timbul nyeri pada giginya, ya? 

Jika yg dimaksud adalah evaluasi crown setelah pemasangan sebagai langkah lanjutan penanganan nyeri gigi yang sebelumnya sempat ada, maka setau saya, umumnya setelah dipasangkan crown, akan ada masa pemakaian crown sementara, untuk dipakai selama pencetakan crown, kurang lebih 2 minggu. 

Nah, jika sudah jadi, tentunya pasien akan diminta untuk kontrol kembali agar bisa dipasangkan crown yang sebenarnya. Umumnya crown ini bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama (5, 10, 15, 20 tahun, tergantung material yang digunakan). 

Maka apabila tidak ada masalah dalam pemakaian crown, maka mungkin masa kontrol yang dianjurkan adalah sesuai dengan anjuran umum periksa ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Namun di masa pandemi seperti ini, mungkin hanya diprioritaskan jika timbul gejala yang sangat mengganggu pasca pemasangan crown. 

Pada awal pemakaian crown setahu saya memang wajar jika terjadi rasa tidak nyaman untuk beberapa hari, namun jika terus ada dan semakin mengganggu maka bisa dianjurkan untuk menghubungi tempat praktek dokter gigi terlebih dahulu, untuk memastikan apakah perlu kontrol untuk evaluasi crown kembali. Biasanya masalah timbul pada area dudukan crown dengan ruang pemasangan crown pada gigi, terlebih pada gigi yang masih ada sarafnya.  

 

 

Mungkin bisa baca2 di sini juga, dok

https://medlineplus.gov/ency/article/007631.htm

https://www.dentalhealth.org/crowns

https://www.alodokter.com/crown-gigi-dapat-memperbaiki-tampilan-dan-memberi-perlindungan

 

Feel free to correct me if I'm wrong, 

mohon advisnya juga untuk teman2 dokter gigi.