Tips penggunaan dan perawatan gigi tiruan pada pasien lansia - Protodonsia Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo drg. Andi, Sp. Pros, mau bertanya pada pasien lansia yang sudah mendapat gigi tiruan dan kemudian merasa tidak nyaman menggunakanannya terutama saat...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Tips penggunaan dan perawatan gigi tiruan pada pasien lansia - Protodonsia Ask The Expert

    29 Maret 2022, 11:32
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo drg. Andi, Sp. Pros, 

    mau bertanya pada pasien lansia yang sudah mendapat gigi tiruan dan kemudian merasa tidak nyaman menggunakanannya terutama saat mengunyah makanan. Apakah solusi utk masalah ini pasien perlu dibuatkan gigi tiruan baru atau apakah ada tips utk nyaman menggunakan gigi tiruan serta perawatannya dok?

    terimakasih dok

29 Maret 2022, 11:58

Alo dok,

pasien lansia yang sudah mempunyai gigi tiruan lepasan dan setelah beberapa lama mulai tidak nyaman saat mengunyah makanan sangat mungkin terjadi karena mulai ada perubahan dari jaringan keras dan jaringan lunak yang lebih cepat terjadi di usia lansia. Untuk itu setelah beberapa waktu, tentunya gigi tiruan perlu penyesuaian. Oleh karena itu penting sekali untuk kontrol rutin gigi tiruan ke dokter gigi secara berkala setiap 6 bulan. Selama gigi tiruan tidak ada perubahan yang besar, maka masih bisa dilakukan penyesuaian tanpa harus membuat gigi tiruan baru. namun jika ada perubahan cukup besar maka sebaiknya diganti dengan gigi tiruan baru. Oleh karena itu pasien khususnya lansia dianjurkan selalu rutin kontrol setiap 6 bulan. Serta melepas dan membersihkan gigi tiruan setiap malam dengan sabun serta larutan pembersih gigi, dan merendam gigi tiruan di dalam wadah yang berisi air.