Cara Input Pelayanan Pasien ke SKP PLATFORM Beserta Contoh Dokumennya - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokterSalam sejawat.Pada beberapa tulisan saya yang lalu teks dijabarkan secara umum tentang bagaimana mendapatkan SKP kemenkes selain dari ranah A...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Cara Input Pelayanan Pasien ke SKP PLATFORM Beserta Contoh Dokumennya

    Dibalas 11 Juli 2024, 06:24

    Alo dokter

    Salam sejawat.

    Pada beberapa tulisan saya yang lalu teks dijabarkan secara umum tentang bagaimana mendapatkan SKP kemenkes selain dari ranah A (pembelajaran). Secara umum juga saya sudah menjelaskan teoritisnya bagian apa saja yang harus entri. Melihat dari kolom komentar yang ditanyakan kepada saya di forum ALOMEDIKA maupun pertanyaan yang ditanyakan kepada saya pribadi entah melalui media sosial terlebih lagi yang menanyakan secara langsung, ternyata masih banyak yang membutuhkan contoh konkrit cara memasukkan nya. Atas dasar tersebut, saya mencoba menyajikan tata cara input pelayanan kesehatan yang kita lakukan ke dalam SKP PLATFORM.

    Ada baiknya sembari membaca diskusi kita ini, sejawat menyiapkan gawai lain untuk membuka laman SATU SEHAT KEMENKES agar supaya paling tidak sejawat bisa sambil melihat dan syukur-syukur mencoba menginputnya. Juga agar lebih memudahkan sejawat sekalian dalam penginputannya, juga saya sertakan gambar setiap langkah yang saya tulis dalam lampiran diskusi ini termasuk contoh dokumen bukti sah yang saya entri. Silahkan nanti sejawat sekalian dalam memgunggah (upload) buktinya sudah dalam bentuk PDF dg ukuran <250 kB.

    NB: langkah yang saya kerjakan adalah apa yang saya lakukan sepanjang pemahaman saya. Selama ini pula saya telah berhasil dengan mudah mengumpulkan 1000 SKP. Jika sejawat lain ada yang berbeda caranya, silahkan komentar agar kita sama-sama bisa belajar.

    Adapun langkah yang harus sejawat lakukan adalah sebagai berikut:

    Pertama:

    Buka aplikasi Satu Sehat Kemenkes lalu pilih SKP PLATFORM--> FORMULIR SKP--> FORMULIR PENGISIAN.

    Kedua:

    Pastikan kata kunci kegiatan diatas laman "kosong" sebelum klik INPUT pada pilihan nomor 8 (melakukan pelayanan praktik profesi)

    Ketiga:

    Silahkan isi form nya sesuai tempat bekerja. Untuk tanggal mulai pelayanan saya biasanya menyesuaikan dg tanggal kalender mulai awal bulan sampai akhir bulan yang sama. Kegiatan pertama yang saya buat adalah PELAYANAN POLI

    Keempat.

    Setelah mengisi sesuai form nya, lalu klik choose file untuk upload datanya. Biasanya saya terlebih dahulu sudah memasukkan berkas yang akan di uplpad kedalam layanan cloud yg saya miliki untuk memudahkan proses sekaligus sebagai arsip.

    Kelima:

    Pilih media picker dan klik sesuai cloud atau drive tempat menyimpan data bukti tadi lalu KLIK SIMPAN

    Keenam:

    Silahkan TUNGGU DENGAN SABAR proses verifikasi nya.

    Ketujuh

    Lakukan kembali langkah 3 untuk kegiatan lain nya misal USG. lalu ikuti langkah2nya kembali.

    TIPS: perhatikan jenis kegiatan yang saya upload di lampiran dalam berkas rekapan perbulan. Ikuti langkah 3 tadi mengikuti list kegiatanny

    Salam sejawat

    Bersambung insyaAllah.

08 Juli 2024, 20:43
dr. Sabana
dr. Sabana
Dokter Umum
Dok tindakan apa saja yang di verifikasi dok utnuk pelayanan
08 Juli 2024, 21:11
Pada prinsipnya semua tindakan bisa dimasukkan dan bisa mendapatkan SKPM untuk dokter umum seperti kita di FKTP misalnya pelayanan poli, USG, sirkumsisi, pemasangan inplan, ekstraksi kuku, penyuluhan pranikah dan lainnya
11 Juli 2024, 06:17
Punten dok, kalo jaga Igd ttd apakah bisa hanya kepala Igd atau harus direktur RS?
11 Juli 2024, 06:24
Kepala ugd nya saja sudah bisa ya dok.
08 Juli 2024, 14:08
Tambahan..
Setelah di entri satu persatu, sejawat bisa melihat pada pilihan Logbook dan pastikan tulisan nya menjadi menunggu verifikasi.