Karies gigi pada pasien dengan riwayat DM tipe 1 disertai mata yang berdenyut - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodokter, Pasien Tn X usia 23 th, karies pada gigi kanan atas regio 16,17 terjadi pembengkakan hingga meluas ke spasia bukal meluas ke infra orbital. Pasien...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Karies gigi pada pasien dengan riwayat DM tipe 1 disertai mata yang berdenyut

    20 Desember 2019, 13:15

    Alodokter, 


    Pasien Tn X usia 23 th, karies pada gigi kanan atas regio 16,17 terjadi pembengkakan hingga meluas ke spasia bukal meluas ke infra orbital.


    Pasien punya riwayat Diabetes tipe 1, mata dirasakan berdenyut dan khawatir apabila dicabut gigi tersebut.


    Bagaiman penanganan sejawat terkait masalah ini?


    Terima ksh

20 Desember 2019, 13:36
dr. Andre
dr. Andre
Dokter Umum

Alo dokter!

Nyeri pada mata kemungkinan hanya nyeri rujukan akibat nyeri pada giginya Dok.

Pastikan apakah yang dirasakan ini berdenyut seperti kedutan atau maksudnya rasa nyeri yang berdenyut dan sejak kapan mulai dirasakannya, apakah setelah terjadi pembengkakan atau dari sebelumnya?

Lalu, apakah pembengkakannya hanya inflamasi saja atau karena ada abses?

Jika hanya inflamasi saja, coba tangani dulu pembengkakan dan nyerinya dengan memberikan antiinflamasi seperti diklofenak atau ibuprofen.

05 Mei 2020, 06:08
Terima kasih dr Andre informasinya

Masalahnya memang sepertinya dari infeksi yang meluas, kondisi pasien saat itu hanya muncul inflamasi diseputar regio dan belum membentuk pus, penanganan di seputar rongga mulut dilakukan trepanasi utk control of pain nya, dan preskripsi NSAID & antibiotika.
05 Mei 2020, 06:30
Coba dilakukan ct scan terlebih dahulu ap betul memasuki area orbita? 

Gejala berdenyut pada mata kemungkinan krn terjadi pembengkakan di area sekitarnya saja.

Coba lakukan pemeriksaan gerakan bola mata apkah ad yg terhambat, dan guja tanya pasien yg bersangkutan saat melirik terasa nyeri atau terasa ad yg menghambat gerakannya?
Bila keluhan tersebut tdk ad hampir pst rongga orbita aman.

Dan berikan AB anaerob.(amoxiclaf atau metronidazole)


05 Mei 2020, 06:36
Terima kasih dr Tri Subekti Sp.M., M.Med Klin atas informasinya

Menarik sekali dokter untuk observasi awal, karena tantangan kami banyak masalah seputar tindakan pencabutan bagi masyarakat yang dikaitkan dengan kebutaan. 

Sehingga kami perlu melakukan identifikasi masalahnya secara komprehensif, begitu juga mungkin begitu juga kajian terkait beberapa masalah penurunan visus terevaluasi setelah dilakukan perawatan gigi yang karies.

Interprofessional Collaborationnya terus dibangun, BTK doc.. :)

05 Mei 2020, 10:46
dr. Testiana Galuh, Sp.M
dr. Testiana Galuh, Sp.M
Dokter Spesialis Mata
bagus sekali sarannya, dr. Tri Subekti, SpM.

sekaligus menambahkan mohon diwaspadai tanda selulitis orbita karena pasien imunokompromis karena DM nya. Yakni bengkak pada mata, bisa disertai demam, dan leukositosis.

semoga membantu. salam 😊
05 Mei 2020, 07:12
Mungkin jika ada foto klinis bisa lebih baik, tentunya dibutuhkan pemeriksaan klinis langsung & penunjang rontgen utk memastikan kondisinya. namun dari pengalaman sy biasa abses fossa canina sering terjadi krn infeksi gigi caninus atau premolar atas. klinis ditandai udem disertai hiperemis terutama daerah maxilla meluas ke infraorbita. Utk terapi awal dilakukan insisi abses intraoral di regio mukobukal fold & diseksi hingga mencapai facia infraorbital insersi drain dan dibantu antibiotik, lalu dilakukan eradikasi fokus infeksi yaitu gigi segera setelah abses mereda pada kunjungan berikutnya
05 Mei 2020, 07:16
dr. Mohd Bhukkar Adil Sjam, SpPD, FINASIM
dr. Mohd Bhukkar Adil Sjam, SpPD, FINASIM
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Alo dok, 
Pastikan juga, jika sdh terkonfirmasi DM tipe 1 penggunaan insulin yg optimal untuk kontrol gula darahnya senormal mungkin, agar proses penyembuhan daerah giginya bisa cepat sembuh. 
05 Mei 2020, 07:21
Setuju sekali dng dr bhukkar spB.. salah satu penentu utama perawatan infeksi apalagi jika benar terjadi abses adalah dng perawatan secara optimal kondisi DM pasien, krn tanpa dilakukan bersamaan prognosa perawatan tdk akan optimal
05 Mei 2020, 07:23
Maaf koreksi dr.bhukkar spPD.. makasi dok 😊
05 Mei 2020, 07:59
dr.Novie Diyah Nuraini, Sp.N
dr.Novie Diyah Nuraini, Sp.N
Dokter Spesialis Saraf
alodok,
apakah ada gangguan pada reflek cahaya langsung tidak langsung pada pemeriksaan pupil? atau ada gangguan pada pergerakan bola mata? 
Dan setuju, kontrol gula dan mengatasi penyebab infeksi. 
Beberapa kasus yg saya temui pada kasus DM tidak terkontrol dengan keterlibatan intrakranial, sering kali disebabkan infeksi jamur. 
Saran dilakukan Ct scan kepala kontras dengan sentrasi pada area orbita