Bolehkah Meminum PPI ketika Puasa Sebelum Pemeriksaan Hematologi Lengkap? - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter,Ijin berdiskusi. Jika terdapat pasien yang berencana melakukan pemeriksaan hematologi lengkap dan telah berpuasa, namun pada pagi harinya ternyata...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Bolehkah Meminum PPI ketika Puasa Sebelum Pemeriksaan Hematologi Lengkap?

    24 Maret 2022, 08:22

    Alo dokter,

    Ijin berdiskusi. Jika terdapat pasien yang berencana melakukan pemeriksaan hematologi lengkap dan telah berpuasa, namun pada pagi harinya ternyata meminum obat PPI seperti omeprazole, maka apakah masih boleh melanjutkan pemeriksaan hematologi lengkap? Terimakasih

24 Maret 2022, 11:26
ALO dok, saya coba menjawab ya. Beberapa penelitian telah menguji efek obat-obatan yang mungkin dapat mempengaruhi hasil pemeriksaan laboratorium (https://www.scielo.br/j/jbpml/a/RHdW59V7rQFJQmy3dkRhwSp/?format=pdf&;lang=en)
Untuk PPI sendiri, dicurigai mempengaruhi hasil urea breath test, fecal occult blood test, serta beresiko menyebabkan trombostiopeni (sumber: https://www.hindawi.com/journals/crigm/2018/4294805/). Namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut.
Sehingga menurut sumber berikut, sebaiknya pasien yang sudah mengkonsumsi obat PPI diminta utk menunda pemeriksaan. Dan sebaiknya konsumsi obat diminum sebelum berpuasa.
#cmiiw
terimakasih
25 Maret 2022, 08:56
Siap, terimakasih untuk informasinya dr. Dizi 🙏😊