Bermanfaatkah asam traneksamat pada kasus mimisan berulang - THT Ask the Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Rano Aditomo, Sp.THT-KL, izin bertanya dokter.Apakah asam traneksamat dapat bermanfaat pada kasus mimisan berulang, dimana pasien tidak memungkinkan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Bermanfaatkah asam traneksamat pada kasus mimisan berulang - THT Ask the Expert

    08 Juli 2021, 11:04

    Alo dr. Rano Aditomo, Sp.THT-KL, izin bertanya dokter.

    Apakah asam traneksamat dapat bermanfaat pada kasus mimisan berulang, dimana pasien tidak memungkinkan untuk periksa lebih lanjut pada kondisi pandemi dan kesulitan menemukan dokter THT? Tanda gawat darurat apa yang perlu diwaspadai oleh pasien?

    Terimakasih sebelumnya dokter atas informasinya.

08 Juli 2021, 11:18
dr. Rano Aditomo, Sp.THT-KL
dr. Rano Aditomo, Sp.THT-KL
Dokter Spesialis THT

Alodokter.. terima kasih atas pertanyaannya.

Untuk terapi asam traneksamat pada kasus mimisan berulang , pada penelitian Metaanalisis, tidak didapatkan manfaat yang signifikan. Kecuali jika penyebabnya adalah Hereditary Haemorrhagic Telangiectasia (HHT)

Dokter dapat lebih menggali penyebab dari mimisan tersebut, apakah dari pembuluh darah kecil / epistaksis anterior (Plexus Kiesselbach) yang biasanya paling sering adalah trauma digiti atau akibat Rinitis Alergi; atau Epistaksis posterior (Plexus Woodruf) yang dapat disebabkan karena tumor nasofaring atau hipertensi. Dan sebaiknya penyebabnya harus diatasi, karena mimisan merupakan gejala/tanda saja.

Untuk tanda gawat darurat adalah jika mimisan tidak dapat berhenti setelah melalukan pertolongan pertama, yaitu dengan cara menekan kedua cuping hidung selama 5-10 menit namun mimisan tidak berhenti.

Terima kasih

kamhieh2016.pdf