Angina Stabil dan UAP atau Unstabil Angina Pektori apakah dapat dibedakan dengan melihat hasil EKG - Diskusi Dokter

general_alomedika

Dok Saya ingin bertanya selain dari perbedaanya yang hilang saat istirahat dan tidak. Saya ada baca teori mengenai EKG1.Untuk Angina Stabil EKG Normal2....

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Angina Stabil dan UAP atau Unstabil Angina Pektori apakah dapat dibedakan dengan melihat hasil EKG

    20 Maret 2021, 22:42
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Dok Saya ingin bertanya selain dari perbedaanya yang hilang saat istirahat dan tidak. Saya ada baca teori mengenai EKG

    1.Untuk Angina Stabil EKG Normal

    2. Untuk Unstabil Angina Pektoris (UAP ) EKG Bisa Normal atau Terdapat ST Depresi atau T Inverted. Apakah Benar ini dok?

21 Maret 2021, 08:40
Halo, izin coba bantu jawab ya, benar pada Angina stabil didapati EKG normal akan tetapi jika risiko dan keluhan pasien mengarah ke angina, bisa kita pastikan apakah sudah ada iskemi dengan Uji Latih Jantung/ exercise stress test. Pada pasien dengan Acute Coroner syndrome yang pada Non ST elevasi terbagi dua : 1. Unstable angina pectoris (UAP) dan 2. NSTEMI, keduanya memilik gambaran ekg seperti yang saudara sampaikan, tetapi perbadaannya pada marka enzim jantung, dimana pada pada UAP masih dalam batas normal tetapi pada NSTEMI terjadi peningkatan.


Semoga membantu ya.

21 Maret 2021, 12:50
dr.Surya Marthias, Sp.JP, FIHA
dr.Surya Marthias, Sp.JP, FIHA
Dokter Spesialis Jantung
Perbedaan keduanya terlihat pada simptom pasien. Kalau UAP merupakan bagian dari kelompok ACS dengan 4 manifestasi angina  (denovo, at rest, progression, pasca infark). Kadang EKG pada angina stabil, juga bisa terdapat T inverted lama.. Bahkan pasien dengan UAP bisa memiliki EKG normal.
21 Maret 2021, 12:55
dr.Surya Marthias, Sp.JP, FIHA
dr.Surya Marthias, Sp.JP, FIHA
Dokter Spesialis Jantung
sebenarnya istilah angina stabil tidak dipakai lagi sejak tahun 2019 kmrin. Itu istilah yang membingungkan. Saat ini kita lebih mrmakai istilah chronic coronary syndrome. Ada 7 manifestasi CCS dan EKGnya bisa normal atau ada ST T changes. Untuk NSTE ACS tetap ada UAP, NSTEMI, MINOCA