konsul pasien bayi dengan hipoplasia serebri - Diskusi Dokter

general_alomedika

selamat malam dok, ijin diskusi kasus pada user Alodokter. User mengatakan bahwa anaknya yg berusia 6 bulan alami kelambatan tumbuh kembang. Sampai sekarang...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • konsul pasien bayi dengan hipoplasia serebri

    30 Oktober 2018, 18:36

    selamat malam dok, ijin diskusi kasus pada user Alodokter. User mengatakan bahwa anaknya yg berusia 6 bulan alami kelambatan tumbuh kembang. Sampai sekarang lehernya belum kuat utk menahan kepala. selain itu juga, setelah diperiksakan ke dokter anak ditemukan ubun ubunnya sudah menutup. Dokter pun melakukan ct scan kepala dan ditemukan hipoplasia serebri serta brachicephaly.

    saya sudah anjurkan utk kembali konsulkan ke dokter anak tersebut.

    Kalau utk terapi nya kira kira apa ya dok?

    Karena dulu selama koas dan internship saya belum pernah menemui kasusnya. Terimakasih

30 Oktober 2018, 20:14

Malam dok, 

Untuk kasus ini memang cukup jarang dijumpai ya dok. Untuk treatment-nya tergantung derajat keparahan dan underlying condition-nya dok, ada juga yang membagi primer dan sekunder. Primer: kelainan kromosom (misal trisomi 13 dan 18), sindroma genetik , (Ritscher-Schinzel, Joubert, CHARGE syndromes), kelainan metabolik, malformasi otak. Sekunder: infeksi prenatal misal cytomegalovirus, paparan teratogen, atau prematuritas yang ekstrim.

Pada prinsipnya memerlukan fisioterapi ya dok, seperti terapi okupasi. Khususnya untuk penguatan otot-ototnya karena memang pada kondisi ini umum terjadi distonia, seperti gejala awal yang tidak bisa angkat leher sampai usia 6 bulan.

Untuk brachicephaly-nya sangat mungkin karena posisi berbaring terus menerus (mengingat leher tidak bisa menoleh kanan kiri), hal ini bisa dibantu helm khusus dok, biasa dibuatkan juga di instalasi rehab medik.

Akan sangat diperlukan terapi jangka panjang. Kalau di app mungkin peran kita lebih edukasi dan motivasi untuk terus membawa anaknya terapi, semakin dini dideteksi dan ditangani prognosis bisa lebih baik. 

Lebih lanjut mungkin bisa baca di artikel ini https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3759752/

untuk brachycephaly juga sudah pernah dibahas di diskusi ini https://www.alomedika.com/komunitas/topic/kepala-peyang

semoga membantu