batuk pada anak setiap bangun tidur - Diskusi Dokter

general_alomedika

Anak laki - laki usia 8,5 th ,BB: 30 kg, TB: 130 cm lincah dalam aktivitas TAPI selalu batuk saat bangun tidur berdahak lebih kurang 4 th ini. Curiga infeksi...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • batuk pada anak setiap bangun tidur

    20 Desember 2018, 23:51

    Anak laki - laki usia 8,5 th ,BB: 30 kg, TB: 130 cm lincah dalam aktivitas TAPI selalu batuk saat bangun tidur berdahak lebih kurang 4 th ini. Curiga infeksi sudah diberikan antibiotik mulai dari cotrimosazol cefadroxil, cedixime sampai azitromisin tapi batuk tak kunjung sembuh. Apa tindakan yang terbaik untuk anak ini? TERIMA KASIH.

21 Desember 2018, 05:26
Alo dokter!
Kalo dari anamnesisnya apakah ada risiko polutan di lingkungan anak, misalnya di rumah atau sekolah? Lalu, apakah ada gejala GERD??
Kalo dari pemeriisaan fisiknya bagaimana dok? Apakah ada post nasal drip? Tanda faringitis kronis?
Menurut saya, kalo prosesnya sudah kronik begini dan timbulnya hanya pada pagi hari setelah bangin tidur, sepertinya perlu dipikirkan diagnosis banding seperti tuberkulosis, laringitis gerd, faringitis kronis, ataupun alergi. Cmiiw.
21 Desember 2018, 13:42
Terima kasih dokter atas masukannya
21 Desember 2018, 08:12
Alo dok,

saya juga pernah mendapatkan kasus yang hampir serupa dengan dokter namun terjadi saat anak usia kira2 baru hampir 1 tahun usianya.. sejak dia berusia beberapa bulan, selalu mengalami batuk2 yang hilang timbul, terutama di malam dan pagi hari, dan juga gizi kurang akibat batuk yg berkepanjangan, sudah minum obat bermacam2 dari berbagai dokter anak namun tdk kunjung membaik.. setelah kami mendatangi rumahnya, ternyata rumahnya itu padat penduduk dan juga memiliki kebiasaan membakar sampah tiap pagi dan sore hari, selain itu juga plafon rumah tidak tertutup hingga banyak sekali sarang laba2..

jd saat itu saya dan tim melihat, kemungkinan batuk2 lama berulang ini bs dikarenakan bronkhitis kronik atau alergi..

jd saat itu saya bersama tim melakukan perbaikan PHBS terhadap keluarganya dan juga lingkungan sekitar, sehingga sampah organik tdk lagi di bakar melainkan di timbun di tanah dan juga sampah plastik dan non organik lainnya di buang di tempat penampungan sampah yg di sediakan pemerintah setempat, plafon rumah di bersihkan dan sirkulasi udara rumah di perbaiki, semua kasur di jemur dan barang2 usang di buang.. selain itu si anak mendapat pengobatan eritromisin oleh dokter anak setempat dan juga mendapatkan imunisasi BCG krn si anak tertinggal imunisasinya..

setelah 2 bulan, si anak sudah berkurang batuknya dan juga sudah lebih baik gizinya dilihat dr berat badannya yg sudah sesuai dgn kurva pertumbuhan..

nah dari hal ini bs kita simpulkan, dokter bs anamnesa ulang pd org tua pasien bagaimana kondisi rumahnya, apa kebiasaan sehari2 dr keluarga dan sekitar yg bs sj membuat polusi di sekitar rumahnya, bagaimana riwayat imunisasinya, apakah ada riwayat atopi dan juga bagimana keteraturan minum obatnya yaa.. kalau dr pemeriksaan, tentu sj dr pemeriksaan umum fisik scr lengkap dlu dok, kalau pemeriksaan tambahannya mungkin bs dilakukan rontgen thorax dlu dok, atau kalau riwayat imunisasinya tdk lengkap bs dilakukan test mantoux dlu.. semoga dr sana bs dicari penyebabnya pastinya sehingga penanganannya bs lebih tepat yaa..

sekian sharing dr sy juga dok, kurang lebihnya sy mohon maaf, semoga membantu.. 😊
21 Desember 2018, 13:42
Terima kasih dokter atas sarannya.