Tidak keluarnya mekonium pada bayi yang baru lahir 36 jam - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alodok, izin bertanya. Ada user mengeluhkan bayinya yang baru lahir 36 jam belum keluar mekonium sama sekali, lahir UK 37 minggu dengan berat 2,4 kg, lahir...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Tidak keluarnya mekonium pada bayi yang baru lahir 36 jam

    07 November 2019, 14:38

    Alodok, izin bertanya. Ada user mengeluhkan bayinya yang baru lahir 36 jam belum keluar mekonium sama sekali, lahir UK 37 minggu dengan berat 2,4 kg, lahir pervaginam spontan ditolong bidan, segera menangis, anus ada. Berapa lama ditunggu untuk mekoniumnya harus keluar? Bila belum keluar kemungkinan terapi apa yang harus dilakukan? Banyak terimakasih.

07 November 2019, 16:37
Willy
Willy
Dokter Umum

ALO dr. Nurul Fallah,

 

 

Dari yang saya baca dok, sebagian besar mekonium keluar dalam waktu 24 jam pertama. Tetapi bila masih keluar dalam 48 jam pertama masih dianggap normal dok.

 

 

Namun, bila dalam 24 jam pertama tidak keluar, disertai dengan distensi abdomen yang progresif, tidak mau menyusu, atau muntah isi cairan bilier perlu dilakukan evaluasi dengan pemeriksaan barium enema dok.

 

 

CMIIW, mungkin ada TS dr anak yang bisa bantu.

 

07 November 2019, 16:39
Baik Dok, terimakasih infonya 🙏
07 November 2019, 16:43

Alo dokter Nurul.

Saya jg pernah mendapatkan kasusnya di IGD.
Dari sumber IDAI, normal mekonium fisiologis bayi keluar dalam 24 jam, batas toleransi nya paling lama 48 jam.

Jika memang 36 jam, selalu monitoring status hemodinamik nya. bila anus normal, mulai pasang slang IV berikan cairan resusitasi rumatan sesuai usia bayi kmudian slang lambung apabila tersedia untuk mengecek adanya obstruksi GI atau malformasi

Dari WHO sendiri, mekonium fisiologis juga sama dgn IDAI batasnya > 24 jam. Jika berada di UGD atau puskesmas trdapat fasilitas. Lakukan pemasangan selang lambung, apabila sulit masuk dan ujung slang sering keluar kemudian pada px fisik ditemukan distensi abdomen, atau cairan empedu dalam muntahan.. melihat kondisi anus nya masih normal, maka kita patut curiga terjadi adanya malformasi lain dan obstruksi GI tractnya dok.
Namun, jika fasilitas tdk memadai. Lakukan stabilisasi dan pertimbangkan merujuk segera, untuk diketahui diagnosis pastinya dok.
CMIIW.

Berikut sumber yang saya kutip, bisa jadi referensi. BTK dok.
Buku Saku Manajemen Masalah Bayi Baru Lahir

07 November 2019, 16:47
Sangat lengkap infonya Dok, terimakasih