Bantuan dalam membaca EKG - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dokter, mohon bantuannya pada EKG pasien berikut. Pasien Pria dewasa keluhan Dada dirasa berdebar-debar, sesak napas +, nyeri dada dirasakan (-) mual +,...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Bantuan dalam membaca EKG

    30 September 2022, 16:25
    Anonymous
    Anonymous
    Dokter Umum

    Alo dokter, mohon bantuannya pada EKG pasien berikut. Pasien Pria dewasa keluhan Dada dirasa berdebar-debar, sesak napas +, nyeri dada dirasakan (-) mual +, muntah. Riw sakit lain: tidak ada

     N 178x/m ireguler, S 36,8 RR 25x/m, Saturasi 100%

    BJ I dan II reg, G (-) M (-). Pemeriksaan lain dalam batas normal

    Post pemberian PCT dicurigai Alergi. Tanda alergi lain tidak ditemukan 

    Mohon bantuannya utk membaca ekg ini. Terimakasih 🙏🏻

30 September 2022, 16:35
dr. M. Tasrif Mansur, Sp.PD
dr. M. Tasrif Mansur, Sp.PD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam
Suatu reguler takiaritmia dengan QRS sempit, yang berarti ini adalah suatu SVT. Tanda vital tampak masih stabil. Utk tatalaksana awal bisa dilakukan pijat karotis. Jika tidak mempan dapat diberikan Adenosin. Golongan lain yg dapat diberikan adalah betablocker, atau amiodaron.  Jika KU tidak stabil (kesadaran menurun atau TD menurun), jangan ragu untuk segera lakukan kardioversi.
01 Oktober 2022, 08:54
Ijin menjawab dokter,Dari anamnesis nya kesannya masih akut ya dok, mungkin bisa ditambahkan apakah pernah mengalami seperti ini sebelumnya, karena kalau memang alergi PCT harusnya sudah pernah mengalami ini karena PCT adalah salah satu obat OTC yang paling umum. Seandainya sudah pernah minum, berarti alergi bisa di rule out seharusnya.Untuk bacaan EKG nya, saya biasanya mengikuti urutan:
INA PQRST DLL
- Irama bukan sinus, irregularly iregular
- Nadi 180-200
- Axis LAD
- Gel P tidak selalu terlihat, tampak dalam berbagai macam bentuk
- interval PR tidak dapat dinilai
- qrs sempit
- segmen ST normal
- Gel T tampak normal
- dll: low electricity
Kesan: Multifocal atrial tachicardia dd/ atrial fibrilasi, susp LAFB dd/ LAD, susp efusi perikardium, tamponade (?)Mengikuti guideline ACLS dengan takikardi qrs sempit:
- pastikan stabil atau tidakHASIAHipotensi
Altered mental status
Shock
Iskemik pain
Acute heart failureSambil tetap mengikuti kaidah ABC / CAB (o2 dan IV access)Jika tidak stabil perlu kardioversi, namun harus dipastikan apakah ini murni etiologi dari kardiak atau tidak, karena jika ada sebab organik yg lain (infeksi, tiroid, dll) maka kardioversi akan percuma dan akan lebih menyebabkan harm.Jika stabil, ikuti kaidah ACLS
-vagal (pastikan kontraindikasinya seperti acute infarc, stenosis aorta yg dapat dipastikan dengan bruit)
-adenosin (skip saja karena pasti tidak ada)
- beta blocker (kontraindikasi riw asma atau acute heart failure), ccb non dihidropiridin, atau digoxin (tidak ada dalam ACLS)
- konsul expertSekalian saya ijin melampirkan EKG yg sudah digitalisasi untuk memudahkan pembacaan dokterSeandainya saya ada yang keliru, mohon dikoreksi dokter.
Terima kasih, semoga bisa sedikit membantu 🙏