Konsul pasien 65 tahun nyeri menjalar ke dada kanan - Diskusi Dokter

general_alomedika

mohon konsul dokter, pasien usia 65 tahun dengan kekuhan nyeri uluhati menjalar ke dada kanan, sejak kurang lebih 1 minggu, riwayat dirawat dengan sakit...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Konsul pasien 65 tahun nyeri menjalar ke dada kanan

    23 Maret 2019, 13:32

    mohon konsul dokter, pasien usia 65 tahun dengan kekuhan nyeri uluhati menjalar ke dada kanan, sejak kurang lebih 1 minggu, riwayat dirawat dengan sakit jantung dan paru. td:140/80 n:78 ireguler RR:24. RH-/- WH-/- .

    Apakah pasien perlu dirawat ? Apakah penanganan lebih lanjutnya?

    Terimakasih

23 Maret 2019, 14:23
Alo dok,  saya akan membantu mencoba menjawab ya,  dari ekg tersebut iramanya adalah atrial fibrilasi dg normo ventrikular respons ya dok,  untuk tatalaksana atrial fibrilasi disesuaikan dg tatalaksana takikardi dok,  bila ditemukan takikardi dg rate > 150 disertai dg adanya tanda ketidakstabilan yaitu nyeri dada,  sesak nafas,  gagal jantung akut,  tanda syok atau penurunan kesadaran maka hrs dilakukan kardioversi dok,  namun bila ditemukan stabil tanpa tanda tsb maka tatalaksananya bs dengan obat obatan saja,  bila rate nya lebih dari 100 maka kita lakukan kontrol rate dg beta blocker atau calcium channel blocker, lalu dilakukan pemberian antikoagulan utk mencegah terjadinya trombus akibat atrial fibrilasi.  Namun dok,  biasanya atrial fibrilasi pada usia tua disebabkan karena kelainan metabolik seperti infeksi,  gangguan elektrolit,  dsb. Jadi mungkin bs dilakukan pengecekan lab untuk mengetahui ada kelainan atau tidak, untuk tatalaksana ttg AF bisa dilihat di panduan AF dari PERKI ya dok.  Semoga membantu. 
fa_final_launch_(1).pdf
23 Maret 2019, 16:15
Terimakasih dok🙏
23 Maret 2019, 17:10
Sangat membantu penjelasannya Dok,  terimakasih. 
23 Maret 2019, 16:39
dr. Darrell Fernando, SpOG
dr. Darrell Fernando, SpOG
Dokter Spesialis Kandungan
Alodoc! Sudah lama saya tidak baca EKG, tp sepertinya ada ST elevasi pada V2-V3. Ditambah dgn klinis seperti infark miokard, mgkn bs cek enzim2 jantung dan konsul ke SpJP segera.
23 Maret 2019, 17:05
Alodokter,

Jika klinis ke ACS maka dengan ekg tampak AFNVR dan iskemik di beberapa lead usul cek enzim jantung dan tatalaksana dahulu dengan nitrat, aspilet serta CPG dokter. Dan konsul kardiologi. 
Mohon asuoan TS lainnya