Apakah ada manfaat asupan zat besi untuk thalassemia minor? - Diskusi Dokter

general_alomedika

AlodokterIzin berdiskusi, pada thalassemia minor biasanya tidak ada tatalaksana khusus seperti transfusi darah berulang di thalassemia mayor.Apakah pada...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Apakah ada manfaat asupan zat besi untuk thalassemia minor?

    06 April 2019, 22:18

    Alodokter

    Izin berdiskusi, pada thalassemia minor biasanya tidak ada tatalaksana khusus seperti transfusi darah berulang di thalassemia mayor.

    Apakah pada thalassemia minor, asupan zat besi perlu dibatasi atau seperti biasa saja Dok mengikuti kebutuhan anak sehat lainnya? Tks

07 April 2019, 08:20
Alo Dok,

Memang pada talasemia trait, biasanya tdk perlu penanganan khusu krn umumnya asimptomatis. Namun jika telah terbukti terdapat defisiensi besi, maka direkomendasikan pemberian sumplementasi zat besi dok.

Berikut artikel lengkapnya: https://www.aafp.org/afp/2009/0815/p339.pdf

Semoga membantu dok, 
07 April 2019, 08:50

Setuju dgn dr. Pika.

Sedikit menambahkan, dari yang saya ketahui bahwa Thalassemia trait/minor ini hitung jenis eritrosit normal dan dalam morfologi red cell-nya hanya ada sedikit perbedaan saja dok, hampir sama dengan darah orang sehat, hanya memang darah nya pembawa sifat/trait thallasemia sehingga selalu asimptomatik dan tidak ada pengobatan thalasemia khusus, untuk asupan besi tetap diberikan apabila di cek darah nya terdapat defisiensi besi, dan jarang terjadi penumpukan besi pd thalasemia minor (cmiiw)

 

Pertimbangan rujuk dan penanganan klinis berarti dilakukan apabila ada indikasi komorbid thalasemia seperti penyakit hemolitik, hipertensi, riwayat syok, kejang, dsb. Untuk dilakukan screening detail dan eradikasi tuntas penyakit komorbid yang sering samar-samar.

BTK..

07 April 2019, 09:02
dr.Achmad Rafli SpA
dr.Achmad Rafli SpA
Dokter Spesialis Anak
Betul sekali
pemantauan klinis seperti pucat,hepatomegali, dll
dan kontrol minimal tiap 6 bulan (klinis,lab) sangat penting pada pasien thalasemia minor.tidak ada penanganan khusus dan tetap didampingi pleh dokter anak🙏
07 April 2019, 09:06
07 April 2019, 09:12

Meskipun kadar besi thalasemia minor tidak meningkat signifikan seperti thalasemia lain, tapi patut di monitoring selalu. Indikasi terapi kelasi besi juga harus dilakukan apabila umur penderita di atas 10 tahun, dan telah terbukti klinis apabila ada morbiditas penumpukan besi pasien tsb. (CMIIW)

Saya sertakan syarat dan prasyarat terapi kelasi besi pada NTDT (thalasemia minor/intermediet) dari Thalassaemia International Federation tahun 2014.

07 April 2019, 09:15

Tambahan.