Cara menyikapi perbedaan kesimpulan hasil baca foto ronsen paru - Radiologi Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

ALO Dokter, izin bertanya sbb : 1. Bagaimana menyikapi perbedaan kesimpulan hasil baca foto ronsen paru antara dokter radiologi dan dokter klinisi dalam hal...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Cara menyikapi perbedaan kesimpulan hasil baca foto ronsen paru - Radiologi Ask The Expert

    25 Mei 2021, 11:08
    dr.Wirya Sastra Amran, Sp.P
    dr.Wirya Sastra Amran, Sp.P
    Dokter Spesialis Paru

    ALO Dokter, izin bertanya sbb :

    1. Bagaimana menyikapi perbedaan kesimpulan hasil baca foto ronsen paru antara dokter radiologi dan dokter klinisi dalam hal ini dokter spesialis paru ? Karena berdasarkan pengalaman klinis saya ada 3 hasil bacaan radiologi yang the most common sering berbeda jika dievaluasi dengan gejala klinis+pemfis Pasien. Yaitu :

    - Bronkitis

    - Bronkopneumonia

    - Gambaran Fibrosis yang mengarah ke Sekuel TB /SOPT (Sindrom Obstruksi Pasca Tuberkulosis). Pada kondisi ini seringkali hasil bacaan radiologi adalah : TB Paru lama aktif. Sehingga seringkali Pasien agak bingung menganggap kondisinya masih TB Paru aktif.

    2. Begitupun pada kondisi seseorang yang melakukan foto ronsen paru untuk kepentingan MCU yaitu Melamar pekerjaan atau kepentingan administrasi lainnya. Seringkali saya dapat hasil tersebut : Bronkitis atau Bronkopneumonia atau TB Paru lama aktif. Namun secara klinis dan pemeriksaan fisik tidak ditemukan gejala dan kelainan pemeriksaan fisik yang sesuai dengan diagnosis tersebut. Namun karena sudah tertulis hasil radiologi tersebut maka seseorang tersebut terhambat proses administrasinya atau dengan hasil unfit. Nahh bagaimana menyikapi itu yaa dok ?

    Terimakasih.

25 Mei 2021, 11:32

Alo dok

Terima kasih atas pertanyaannya

Secara Radiologi, kita seringkali tidak melihat pasien, kita hanya melihat dari gambaran Rontgen saja. Oleh karena itu, klinis yang ditulis di formulir permintaan Radiologi sangat penting untuk membantu Radiolog dalam menegakkan diagnosa. Diperlukan kerja sama dan komunikasi yang baik antar klinisi dan Radiolog. Jika terdapat fibrosis, itu artinya TB paru lama tenang, Namun jika fibrosis disertai bercak lunak ( walaupun tipis ), itu artinya TB paru lama aktif.

Begitupun dalam MCU, seringkali dibilang BP ataupun bronkhitis. Mungkin dalam beberapa kasus, diagnosa yang Radiolog buat tidak sesuai dengan pemeriksaan fisik dll yang dilakukan klinisi. Kami sangat terbuka untuk berdiskusi. Jika ada yang dirasa tidak cocok dengan PF , lab dll, sebaiknya klinisi dan Radiolog duduk bersama untuk melihat secara langsung di monitor pesawat Rontgen untuk mengatur brihtness dan detail kontras. Seringkali apa yang kita lihat secara langsung di monitor pesawat Rontgen, berbeda dengan hasil print Foto Rontgen pasien

Terima kasih

25 Mei 2021, 11:50
dr.Wirya Sastra Amran, Sp.P
dr.Wirya Sastra Amran, Sp.P
Dokter Spesialis Paru
Baik. Terimakasih infonya yaa dok.