Pemberian terapi oksigen pada pasien sesak nafas karena COVID-19 di rumah - Anestesi Ask The Expert - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dr. Aripandi Sp.An, Selamat siang dok, ijin bertanya dok, untuk cara pemberian terapi oksigen pada pasien sesak nafas karena COVID-19 di rumah, karena...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Pemberian terapi oksigen pada pasien sesak nafas karena COVID-19 di rumah - Anestesi Ask The Expert

    25 Agustus 2021, 13:01

    Alo dr. Aripandi Sp.An, 

    Selamat siang dok, ijin bertanya dok, untuk cara pemberian terapi oksigen pada pasien sesak nafas karena COVID-19 di rumah, karena banyak penggunaan oksigen yang tidak tepat selama masa pandemi ini. 

    Terima kasih dokter

25 Agustus 2021, 14:21

Alo Dok,

Target pemberian terapi oksigen yaitu jika SpO2 < 94% atau pun PaO2 < 60%, atau pada pasien dengan keadaan work of breathing yang meningkat (peningkatan Respiratory Rate dengan penggunaan otot otot nafas tambahan)

Sumber oksigen yang dapat digunakan, yaitu:

oksigen tabung (silinder), oksigen sentral (penggunaan pipa oksigen maupun oksigen cair yang ditanam kedalam pipa), maupun alat oksigen konsentrator (alat ini dapat merubah udara bebas dimana kandungan Nitrogen 70% dan oksigen 21% dirubah menjadi 95,5% oksigen) dan semuanya memiliki kelebihan maupun kekurangan.

sumbernya bisa dilihat dibawah ya.

media pemberian oksigen yang dapat dipilih pada pasien dengan gejala ringan yang menjalani isolasi mandiri dengan gejala sesak yaitu:

Low flow nasal kanul dengan aliran 2-5 L/i yang dapat memberikan FiO2 sebesar 25-40%.

ataupun dapat menggunakan simple mask tanpa reservoir dengan aliran 6-8L/i yang dapat memberikan FiO2 sebesar 45-55%

selebihnya jika Saturasi oksigen masih tidak naik >94%, RR tetap meningkat, pasien berkeringat, maka harus dirawat di Rumah sakit untuk tatalaksana lebih lanjut.