Konsul pasien suspek hipokondriasis - Diskusi Dokter

general_alomedika

Alo dok, apakah pernah menemui pasien/user yang menyatakan bahwa hasil pemeriksaan HIV non reaktif saat sudah melewati masa jendela (bahkan sudah 6 bulan...

Diskusi Dokter

  • Kembali ke komunitas
  • Konsul pasien suspek hipokondriasis

    05 Maret 2019, 18:08

    Alo dok, apakah pernah menemui pasien/user yang menyatakan bahwa hasil pemeriksaan HIV non reaktif saat sudah melewati masa jendela (bahkan sudah 6 bulan sejak perilaku berisiko)?

    Kali ini ada pasien yang terus menerus cemas, bahkan terlihat tidak percaya dengan hasil pemeriksaan tersebut sehingga terus menerus menanyakan dan melakukan pemeriksaan tes HIV secara berulang dengan berbagai metode dan hasilnya pun tetap non reaktif tapi pasien tetap merasa kurang percaya dengan hasil tersebut. Bahkan pasien merasa timbul keluhan keluhan HIV/AIDS yang nyatanya saat diperiksa tidak ditemukan adanya kelainan fisik berarti.

    Apakah ini bisa mengarah ke hipokondriasis?

    Kira- kira bagaimana pendekatan kita terhadap pasien tersebut? Apa perlu disarankan untuk dikonsultasikan ke psikiater?

06 Maret 2019, 07:02

Alo dokter!

Diagnosis hipokondriasis (sepertinya sekarang disebut sebagai illness anxiety disorder) bisa ditegakkan jika ada ansietas atau ketakutan mengidap suatu penyakit berat yang menetal selama lebih dari 6 bulan, walaupun hasil pemeriksaan menyatakan tidak ada penyakit. Pada pasien dokter bisa saja dok terdapat hal ini, tapi ada baiknya dipikirkan diagnosis banding dengan gangguan somatoform lainnya. cmiiw.

06 Maret 2019, 15:04
Terima kasih dok
06 Maret 2019, 07:57

AloDokter...

setuju dengan dr Bedry, untuk Ilness anxiety disorder harus meliputi preokupasi terhadap penyakit tertentu selama sekurangnya 6 bulan tanpa adanya gejala klinis yang dibuktikan dari pemeriksaan (fisik dan penunjang). --> selengkapnya dapat dibaca pada link berikut https://emedicine.medscape.com/article/290955-clinical  Tetapi untuk menegakkan diagnosis ini memang membutuhkan konsultasi dengan Psikiater atau Psikolog untuk menyingkirkan juga kemungkinan diagnosis lainnya, Dok seperti kecemasan umum, depresi, panik, atau OCD. 

Jika ada user seperti ini, mungkin bisa dibantu dengan mengemukakan statistik medis dari hasil pemeriksaan HIV, Dok... berapa persen keakuratannya jika dilakukan di minggu ke-12, bulan ke-3, 6 dan 12 setelah hubungan berisiko, termasuk jenis-jenis tes yang digunakan, dan menunjukkan empati terhadap apa yang dirasakan serta edukasi mengenai apa yang bisa dilakukan selanjutnya. Tetapi jika Pasien masih khawatir terus menerus yang mengarah sampai terjadinya gangguan aktivitas harian, kemungkinan sudah bisa kita sarankan untuk berkonsultasi setidaknya dengan Psikolog atau dengan Psikiater, Dok... untuk dapat membantu menenangkan Pasien. CMIIW (berikut ada satu bacaan sharing kasus yang Saya temukan -->  https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4897678/)

 

 

06 Maret 2019, 09:02
Terimakasih atas infonya ya Dok. 
06 Maret 2019, 14:49
Terima kasih dok
06 Maret 2019, 21:41
Lengkap dan jelas sekali pembahasannya.
Terima kasih dok